Bagikan :
clip icon

WhatsApp Menyiapkan Fitur Tampilan Ganti Warna

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_WhatsApp, salah satu platform pesan instan terpopuler, baru-baru ini mengumumkan inovasi terbarunya yang diyakini akan membuat pengalaman pengguna semakin menarik. Fitur terbaru ini disebut "Tampilan Ganti Warna," yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan warna antar muka (UI) aplikasi.


Pengumuman ini datang setelah berbagai rumor dan spekulasi seputar pembaruan WhatsApp, dan fitur ini diharapkan akan menjadi tambahan menarik bagi jutaan pengguna aktif WhatsApp. 


Baca juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp Demi Keamanan Lebih Baik


Pengguna akan diberikan lima opsi warna diantaranya yaitu biru, hijau, putih, pink, dan ungu. Perubahan warna ini nantinya akan berlaku di beberapa elemen antarmuka WA seperti tombol "New chat", tombol menelpon, dan lain sebagainya. Dikutip kompas.com 12/1/2024.


WABetaInfo menuliskan bahwa rumor ini sudah di rencanakan sejak tiga tahun lalu. Fitur ini akan muncul di WhatsApp iOS versi beta 24.21.1.70 di Testflight. Testflight merupakan program uji coba WhatsApp yang dibuka untuk pengguna perangkat Apple.


Nantinya akan ada menu baru bernama "Appearance" (Tampilan) di dalam WhatsApp. Pada menu tersebut akan terlihat minimalis karena hanya mencakup satu sub menu saja, yaitu 'App Color" (warna aplikasi).


Pada menu tersebut nanti pengguna berhak memilih warna sesuai yang diinginkan. Warna yang dipilih hanya akan berpengaruh pada anatarmuka pribadi pengguna saja, sehingga orang lain tidak melihat preferensi warna pengguna. 


Baca juga: WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Multiple Accounts: Aktifkan Dua Akun dalam Satu Aplikasi


Fitur Tampilan Ganti Warna memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi aplikasi sesuai dengan selera pengguna, serta membuat pengguna aplikasi lebih aksesibel terutama bagi pengguna yang kesulitan melihat warna-warna tertentu.


Pada bagian bawah sub menu App Color juga mencakup tulisan "This only updates the main branding color of the app" (ini hanya memperbarui warna brand utama aplikasi). 


Baca juga: Akhirnya WA Keluarkan Fitur Terbaru, Yaitu Share Screen


Pendapat Para Pengguna 


Rencana hadirnya fitur pengganti warna ini dikarenakan banyaknya masukan pengguna WhatsApp di iOS. Sebelumnya WhatsApp merilis anatarmuka baru di versi 23.21.1.70 untuk iOS. Pada versi tersebut WhatsApp memperkenalkan warna hijau untuk antar muka di ikon WhatsApp iOS.


Banyak pengguna iOS yang memberi masukan, dikarenakan tidak semua menyukai warna hijau yang sudah dibuat oleh WhatsApp. Dan bahkan banyak yang lebih memilih warna biru seperti di tampilan WhatsApp antar muka versi sebelumnya. Sehingga WhatsApp mendengarkan kritikan tersebut dan berinisiatif untuk membuat fitur baru dapat mengkustomisasi warna pada WhatsApp antar muka.


Nantinya pengguna juga dapat mengubah warna bubble pesan (chat) layaknya platform pesan lainnya. Dengan demikian pengguna WhatsApp tidak perlu menggunakan software atau modifikasi pihak ketiga untuk dapat mengubah tampilan WhatsApp. 

 

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Blur Pada WhatsApp Web Untuk Menjaga Privasi


Meskipun belum diketahui kapan fitur kostomisasi warna WhatsApp akan diluncurkan, Namun, dengan rencana adanya Fitur Tampilan Ganti Warna, WhatsApp semakin menegaskan komitmennya untuk terus menghadirkan inovasi dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Bagi pengguna setia WhatsApp, ini adalah kabar baik yang menambah nilai dari aplikasi pesan instan yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Jangan di Coba, Ternyata Link WA Me Setting Malah Bikin Eror WhatsApp

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id




Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Januari 12, 2024 10:28 AM
Logo Mogi