Bagikan :
clip icon

Jangan di Coba, Ternyata Link WA Me Setting Malah Bikin Eror WhatsApp

Morfotech Indonesia
foto : Admin Morfotech

Jakarta, Morfotech Indonesia_Baru-baru ini Twitter sedang ramai membicarakan link wa.me/settings, para pengguna WhatsApp disarankan untuk menghindari mengklik tautan tersebut, karena dapat menyebabkan aplikasi WhatsApp eror.


Gangguan tersebut timbul setelah mengklik link yang tersebar di Twitter. Beberapa pengguna lainnya melaporkan bahwa kerusakan akibat link wa.me/settings dapat mengakibatkan WhatsApp menjadi lambat. sementara itu, yang lain melaporkan bahwa WhatsApp mereka jadi tidak dapat digunakan sama sekali. Keluhan tersebut diungkapkan oleh mayoritas orang pengguna Android.


Baca juga: Cara Hapus Akun Twitter Secara Permanen


Dilansir dari kumparanTECH “Menguji dengan mengirim tautan itu ke kontak individu maupun grup, dan ternyata benar, ketika membuka wa.me/settings di obrolan, aplikasi WhatsAspp menjadi eror dan menutup sendiri, selasa (30/05/2023)


Alfons pakar keamanan siber dari Vaksin.com mengatakan bahwa hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya bug atau celah keamanan di WhatsApp versi Android. 


Baca juga: Ini Yang Ditunggu, Kini Windows Bisa Buka File RAR Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga


"Jadi , setiap kali loading wa.me/settings, (aplikasi) akan crash dan chat dengan teks tersebut, baik chat personal maupun group, tidak akan bisa dibuka," ungkap Alfons, kepada KumparanTECH (29/5)


Dalam penjelasannya Alfons juga menyebutkan bahwa adanya bug tersebut terletak pada application programming interface (API) WhatsApp. API merupakan penghubung antar dua sistem.


Dapat dikatakan user iPhone dapat aman dari kejadian ini dikarenakan user iPhone memiliki keamanan yang kuat dan sangat meminimalisir adanya bug


Baca juga: WhatsApp Keluarkan Fitur Voice Status


"Sebabnya adalah karena kode pemrograman di Android dan iPhone sangat berbeda. Jadi, kali ini kebetulan bug-nya ada di Android. Bisa saja lain kali bug-nya ada dikeduanya atau malah ada di iPhone saja," ujarnya lagi


Namun tidak perlu khawatir akan hal tersebut, karena kamu dapat mengatasinya melaui WhatsApp Web dengan laptop atau komputer. 


Baca juga: Lupa Password Instagram, Ini Adalah Cara Untuk Melihat Password Instagram !


Cara mengatasi wa.me/settings melalui WhatsApp Web di Laptop atau Komputer


  1. Buka WhatsApp Web (http://web.whatsapp.com)
  2. Jika belum login, lakukan login menggunakan metode pemindaian kode QR
  3. Pilih ruang obrolan yang berisi pesan dengan tautan wa.me/settings tersebut
  4. Tahan lama pada balon pesan yang  berisi tautan wa me setting
  5. Kemudian pilih opsi "Hapus semua pesan"
  6. setelah obrolan dihapus, maka WhatsApp dapat kembali normal.


Baca juga: Google Akan Hapus Masal Akun Yang Sudah Tidak Aktif Lagi


Selalu ingat bahwa keamanan dan privasi kamu merupakan tanggung jawab utama kamu sebagai pengguna aplikasi WhatsApp. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memaksimalkan pengalaman pengguna WhatsApp dengan aman  dan nyaman serta dapat terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri kamu. 


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP)




Baca juga: Baterai HP Boros! Ini Dia 20 Aplikasi yang Bikin Baterai Boros


Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech Creative Team
Selasa, Mei 30, 2023 1:06 PM
Logo Mogi