Bagikan :
clip icon

Cara Mengunci Chat WhatsApp Demi Keamanan Lebih Baik

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_WhatsApp telah menjadi salah satu platform komunikasi paling populer di seluruh dunia, dan semakin banyak orang bergantung padanya untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. 


Namun, dengan kepentingan yang semakin besar, keamanan dalam berkomunikasi melalui WhatsApp menjadi semakin penting. Bagi pengguna WhatsApp yang tidak ingin tampilan pesannya terlihat oleh teman, keluarga, atau orang asing saat Handphone tergeletak di meja. Anda tidak perlu khawatir karena WhatsApp memiliki fitur yang dapat mengunci chat room.


Baca juga: WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Multiple Accounts: Aktifkan Dua Akun dalam Satu Aplikasi


Fitur kunci obrolan yang ada pada WhatsApp dapat diatur kuncinya sesuai dengan yang pengguna inginkan. Pengguna dapat menggunakan kata sandi maupun biometrik seperti deteksi wajah dan juga sidik jari. 


Ketika obrolan pada WhatsApp Anda dikunci, maka notifikasi dan juga kontak akan disembunyikan. Sehingga pada saat Anda menerima WhatsApp notifikasi yang Anda dapat hanya bertulisan '1 pesan baru WhatsApp'. Untuk melindungi privasi Anda, mengunci chat WhatsApp adalah langkah yang bijak. 


Baca juga: Tampilan Baru WhatsApp yang Mirip Instagram: Transformasi Aplikasi Pesan Populer


Cara mengaktifkan fitur kunci pesan chat di WhatsApp


  1. klik pada "Info obrolan" > "Kunci obrolan (Chat)".
  2. Klik "Kunci obrolan" dan akan muncul pilihan dengan sidik jari atau Kunci Obrolan Ini dengan Face ID
  3. Lalu klik Lihat untuk melihat obrolan di folder "Obrolan terkunci".
  4. Pengguna dapat menonaktifkan atau mengaktifkan kunci obrolan di dalam info obrolan untuk setiap obrolan yang ingin Anda kunci.


Jika Anda belum mengatur autentikasi perangkat seperti kode sandi ponsel, sidik jari, atau face ID, Anda akan diminta untuk mengaturnya sebelum mengunci obrolan.


Baca juga: Akhirnya WA Keluarkan Fitur Terbaru, Yaitu Share Screen


Langkah-langkah untuk melihat obrolan yang dikunci


Dilansir oleh cnnindonesia (7/10/2023) "Anda dapat melihat obrolan yang dikunci pada folder "Obrolan terkunci" di deretan atas setelah kolom arsip pesan. Berikut langkah-langkahnya:


-Buka tab Obrolan dan usap ke bawah.

-Klik folder Obrolan terkunci.

-Lalu Konfirmasi dengan face ID Anda atau sentuh sensor sidik jari untuk membuka kunci.

-Lalu klik obrolan untuk melihat atau mengirim pesan.


Baca juga: WhatsApp Keluarkan Fitur Baru, Bisa Kirim Pesan Video Instan


Mengunci chat WhatsApp adalah langkah yang bijak untuk menjaga privasi dan keamanan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa pesan-pesan Anda tetap aman dan hanya bisa diakses oleh Anda sendiri. Ingatlah bahwa keamanan data pribadi Anda adalah tanggung jawab bersama, jadi selalu berhati-hati dan bijak dalam penggunaan WhatsApp.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Blur Pada WhatsApp Web Untuk Menjaga Privasi

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Oktober 30, 2023 9:43 AM
Logo Mogi