Bagikan :
clip icon

Akhirnya WA Keluarkan Fitur Terbaru, Yaitu Share Screen

Morfotech Indonesia
foto : Meta, sumber: techno.okezone.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Sudah coba fitur terbaru WhatsApp? Kini WhatsApp bisa share screen saat melakukan panggilan video dengan kontak atau pengguna lain.


Untuk diketahui, sebelum tombol baru “Share Screen” itu muncul, saat melakukan panggilan video atau video call di WhatsApp, pengguna disajikan dengan empat tombol, yaitu tombol putar-balik kamera, tombol matikan kamera, tombol “Silent”, dan tombol tutup panggilan.


Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Blur Pada WhatsApp Web Untuk Menjaga Privasi


Dengan kedatangan tombol “Share Screen”, artinya sekarang terdapat lima tombol yang tersedia saat video call di WA. Tombol baru “Share Screen” itu terletak tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera.


Sebenarnya apa sih fungsi dari share screen di WA?


Fitur baru di WA ini memiliki fungsi mirip dengan fitur share screen di aplikasi telekonferensi seperti Zoom atau Google Meet, yang mana pengguna dapat membagikan konten yang dibuka dari perangkatnya ke pengguna lain. Fitur share screen di aplikasi telekonferensi itu biasa dimanfaatkan untuk kegiatan presentasi.


Untuk itu WhatsApp mengembangkan fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna yang ingin membagikan layar atau konten yang tengah dibuka pada perangkatnya saat melakukan video call di WA. Dengan demikian, pengguna lain bakal bisa melihat pula layar atau konten yang tengah dibuka pengguna.


Baca juga: Jangan di Coba, Ternyata Link WA Me Setting Malah Bikin Eror WhatsApp


Fitur share screen di aplikasi telekonferensi itu biasa dimanfaatkan untuk kegiatan presentasi. Hadirnya fitur share screen di WA berarti memungkinkan pula untuk dipakai presentasi secara online oleh pengguna.


Saat pengguna melakukan video call di WA, semua layar yang tengah terbuka langsung dibagikan. Dan pengguna hanya dapat membagikan layar pada jendela yang dibuka saja.


Baca juga: WhatsApp Keluarkan Fitur Voice Status


Itulah beberapa penjelasan terkait share screen di WA. Lalu, bagaimana langkah untuk melakukan share screen di WA? Langkah yang dilakukan cukup mudah


Cara Share Screen di WA


  1. Buat panggilan video seperti biasa, dengan mengetuk ikon "video call" pada kontak atau grup. 
  2. Setelah video call tersambung, ketuk tombol “Share Screen” yang berada tepat di sebelah kanan tombol putar-balik kamera. 
  3. Kemudian, pilih opsi “Start Broadcast”. 
  4. Selanjutnya, pengguna bakal disajikan pemberitahuan bahwa fitur share screen telah aktif. 
  5. Setelah itu, pengguna bisa mulai membagikan layar atau konten yang dibuka di perangkatnya pada pengguna lain. 
  6. Untuk mengakhiri sesi share screen, pengguna bisa memilih opsi “Stop Sharing” yang terdapat pada jendela video call WA.


Dilansir techno.okezone.com (9/8) "Kami menambahkan kemampuan untuk membagikan layar anda selama video call di WhatsApp" Ungkap Mark Zuckerberg melalui siaran di Meta Channel pada layanan Direct Message Instagram , Selasa (8/8/2023)


Demikian penjelasan mengenai cara share screen diatas, jika kalian minat dengan fitur WhatsApp terbaru tersebut, kalian dapat langsung mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: WhatsApp Keluarkan Fitur Baru, Bisa Kirim Pesan Video Instan

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

 


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Rabu, Agustus 9, 2023 1:54 PM
Logo Mogi