Bagikan :
clip icon

Mengenal Lebih Dekat Colocation Server: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Morfotech Indonesia
foto : freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Hidup di era digital seperti saat ini memang sangat diwajibkan untuk mengetahui teknologi terbaru agar nantinya dalam melakukan aktivitas sehari-hari tidak mengalami kendala apa pun. 


Pada era digital seperti saat ini ada banyak kali teknologi baru yang belum dipelajari dan salah satunya adalah colocation server. Colocation server adalah layanan untuk penitipan server yang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk penggunanya.


Nah untuk itu mari kita pahami tentang apa itu colocation server, dan apa saja jenis, kelebihan, serta kekurangannya?


Baca juga: Ketahui Apa Itu Web Server dan Cara Kerjanya


Apa Itu Colocation Server?


Colocation server adalah layanan di mana perusahaan menyimpan server fisik mereka di pusat data pihak ketiga. Pusat data ini menyediakan ruang fisik, keamanan, koneksi internet, dan layanan terkait lainnya. Pengguna colocation server memiliki kendali penuh atas perangkat keras mereka, sementara pusat data bertanggung jawab atas infrastruktur fisik dan keamanan.


Dengan adanya layanan ini maka pengguna layanan ini tidak perlu lagi pusing memikirkan penyimpanan server perusahaan karena penyimpanan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan.


Server yang dititipkan di layanan ini nantinya akan disusun di rak khusus colocation server. Penyimpanan ini perlu dilakukan seperti itu dikarenakan colocation server membutuhkan arus listrik, koneksi internet dan juga pengontrol suhu udara agar server tetap bisa dalam kondisi terbaik sehingga dapat bekerja tanpa ada kendala.


Jenis Colocation Server


1. Managed Colocation 

Managed colocation merupakan jenis layanan yang penyedia layanan sediakan di mana penyedia sudah mempersiapkan software untuk konfigurasi server. Software yang disediakan ini dapat digunakan oleh guna layanan sebagai pemakai atau user agar lebih mudah saat mengelola server


Layanan ini sangat cocok sekali digunakan oleh pengguna yang sama sekali tidak mempunyai pengetahuan dan juga kemampuan memelihara server. Kalau sudah memakai layanan ini nantinya pemilik server tidak perlu pusing memikirkan pemeliharaan server karena pihak penyedialah yang akan melakukan pemeliharaan tersebut.


2. Unmanaged Colocation 

Jenis ini merupakan kebalikan dari jenis yang pertama tadi, kalau jenis pertama masih bisa menguntungkan pengguna layanan karena penyedia masih memberikan dukungan dalam hal penyimpanan server. Kalau jenis ini tidak lagi ada dukungan dari pihak penyedia jadi pengguna layanan harus bisa mengatur dan juga mengkonfigurasi server secara mandiri.


Meskipun pengguna nantinya harus melakukan semua hal sendiri tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan apabila menggunakan jenis ini. Keuntungan menggunakan colocation server adalah pengguna menjadi bebas mengotak-atik dan juga mengatur server sesuai dengan kebutuhan, tapi untuk melakukan itu semua harus menyediakan software dan juga perangkat keras yang mendukung.


Baca juga: Mengenal Mail Server: Cara Kerja dan Manfaatnya


Kelebihan dan Juga Kekurangan Colocation Server


Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini maka perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan colocation server ini. Untuk kelebihan yang dimiliki layanan ini adalah layanan ini sudah menyediakan berbagai macam perangkat yang dapat mencegah kerusakan server seperti sistem pendingin, fire detector dan juga sudah menyediakan tim pengelola server yang bisa mencegah terjadinya gangguan pada server.


Selain mempunyai kelebihan juga memiliki kekurangan dan kekurangan colocation server adalah lokasi penyedia layanan hanya ada di kota-kota besar saja. Jadi untuk pengguna yang berada di luar kota harus menyempatkan diri untuk mendatangi penyedia layanan agar bisa menitipkan server dan melakukan pengecekan server secara rutin.


Baca juga:  Mengenal Karakteristik Layanan Cloud Computing


Dengan demikian, colocation server adalah pilihan menarik bagi perusahaan yang menginginkan kontrol penuh atas server fisik mereka sambil memanfaatkan fasilitas dan keamanan pusat data profesional. Meskipun demikian, perlu dipertimbangkan kelebihan dan kekurangan sebelum memutuskan apakah colocation server adalah solusi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Mengenal Cloud Computing dan Jenis Layanannya

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Februari 6, 2024 10:41 AM
Logo Mogi