Bagikan :
clip icon

Mengenal Mail Server: Cara Kerja dan Manfaatnya

Morfotech Indonesia
foto : freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Perkembangan teknologi semakin lama semakin berkembang, dengan adanya teknologi saat ini akan memudahkan seluruh pekerjaan manusia, untuk kebutuhan penyelesaian pekerjaan yang perlu cepat dan efisien.


Hal yang biasa dilakukan dalam pekerjaan adalah email, menggunakan email pada perusahaan atau pribadi menjadi hal yang sangat penting dan sering dilakukan. Dengan menggunakan data pada perusahaan atau pribadi untuk saat ini meningkatkan drastis.


Di balik layar, mail server memiliki peran sentral dalam mengelola dan menyampaikan pesan-pesan tersebut. Mari kita telaah cara kerja mail server dan manfaat yang dimilikinya.


Baca juga: Apa itu Server? Berikut Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

               

Apa itu Mail Server

Mail server adalah perangkat lunak atau perangkat keras yang bertanggung jawab untuk mengelola, menyimpan, dan mentransmisikan email melalui jaringan. Ini berfungsi sebagai pusat distribusi email dari pengirim ke penerima.


Secara sederhana, fungsi mail server seperti kantor pos. Ia menyimpan surat masuk, lalu mengirimkannya ke penerima.


Itu tadi penjelasan apa itu mail server. Sekarang, mari ketahui apa saja komponen yang digunakan server email.


Baca juga: Mengenal Karakteristik Layanan Cloud Computing


Komponen Mail Server

Secara umum, semua mail server terdiri dari tiga komponen yaitu MTA, MDA, dan MUA. Setiap komponen memiliki peran spesifik dalam proses memindahkan dan mengelola email. Mari kita lihat peran apa saja yang dimiliki tiap komponen.


1. MUA (Mail User Agent)

MUA adalah aplikasi yang digunakan untuk menyusun, mengirim, dan menerima email. Contoh MUA misalnya adalah Yahoo, Gmail, Outlook, dan layanan email yang lain. 


2. MTA (Mail Transport Agent) 

MTA merupakan salah satu komponen mail server yang bertugas menerima dan mengirim email dari komputer yang satu ke komputer yang lain. MTA memainkan peranan penting dalam sistem penanganan pesan internet. Beberapa tugas MTA antara lain:


a. Menerima email.

b. Meminta catatan mail exchange dan memilih server email untuk mentransfer email.

c. Mengirim pesan respons otomatis jika pesan gagal sampai tujuan. 


3. MDA (Mail Delivery Agent)

MDA adalah sebuah software komputer yang bertanggung jawab mengantarkan email dari MTA server. MDA juga dikenal sebagai LDA (Local Delivery Agent). Beberapa MTA dapat mengisi peran MDA ketika mereka menambahkan pesan email baru ke file pesan pengguna lokal. Dikutip goldenfast.net (2/2/2024)


Baca juga: Mengenal Cloud Computing dan Jenis Layanannya


Cara Kerja Mail Server


Mail server memiliki dua cara kerja utama sebagai outgoing dan incoming server. Outgoing server berfungsi sebagai pengirim email (sender), sedangkan incoming server berfungsi sebagai penerima email (receiver).


  1. Pengiriman Email (Outgoing): Saat pengguna mengirim email, mail server mengambil pesan tersebut dan mengirimkannya ke server email penerima. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol yang umumnya digunakan untuk pengiriman email.
  2. Penerimaan Email (Incoming): Mail server menerima email dari klien email pengguna atau server email pengirim. Protokol seperti POP3 (Post Office Protocol 3) atau IMAP (Internet Message Access Protocol) digunakan untuk mengambil email dari server dan menyimpannya di perangkat penerima.


Baca juga: Mengenal Google Activity, Fungsi, Fitur, dan Cara Menggunakannya


Manfaat Mail Server


Dengan mail server banyak manfaat yang dapat Anda ambil, tentunya Anda bisa memilih untuk memiliki mail server pribadi melalui layanan web hosting atau email hosting yang makin marak saat ini. Berikut manfaat dari mail server:


1. Privacy perusahaan Anda lebih aman. 

Apabila Anda adalah seorang pelaku bisnis, mail server pribadi bermanfaat untuk melindungi privasi perusahaan dan pekerjaan Anda. Jaringan yang Anda gunakan bersifat internal dan hanya akan bisa di akses oleh orang-orang yang terdaftar dalam perusahaan Anda.

2. Pengaturan akun akan lebih mudah. 

Dengan menggunakan jaringan pribadi, proses pengelolaan akun akan menjadi lebih mudah. Anda bisa dengan bebas mengatur konfigurasi sesuai dengan apa yang Anda inginkan. 

3. Perusahaan Anda terlihat lebih profesional.

Mail server umumnya menggunakan domain email khusus yang hanya dimiliki oleh orang-orang yang terdaftar dalam perusahaan. Ini akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan pihak luar atas nama perusahaan.

4. Email marketing. 

Apabila Anda berniat untuk melakukan email marketing, memiliki mail server pribadi dengan domain khusus juga akan membantu meningkatkan open-rate dari promosi email yang Anda kirimkan.


Baca juga: AI Ancam hingga 40% Sektor Pekerjaan Yang Akan Terdampak !


Dengan mail server memainkan peran penting dalam ekosistem email, pemahaman tentang cara kerjanya dan manfaatnya menjadi kunci untuk memastikan komunikasi yang efektif dan aman di era digital ini.


Dari penjelasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa mail server mempunyai peran penting untuk membangun komunikasi di sebuah perusahaan. Anda tidak perlu repot memikirkan hal tersebut, kami dari Morfotech ID siap untuk menjawab kebutuhan server yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Ayo konsultasikan dengan tim ahli kami untuk memilih kebutuhan server Anda.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).



Baca juga: Tahun Depan, Update Windows 10 Tak Lagi Gratis!

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


 



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Februari 2, 2024 11:22 AM
Logo Mogi