Bagikan :
clip icon

Mengenal Karakteristik Layanan Cloud Computing

Morfotech Indonesia
foto : freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dalam era digital ini, layanan cloud computing menjadi salah satu fondasi utama bagi transformasi bisnis. Dengan mengandalkan infrastruktur cloud, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya, dan mendapatkan fleksibilitas yang lebih besar. Untuk memahami bagaimana cloud computing dapat memberikan dampak positif pada berbagai sektor. mari kita eksplorasi karakteristik utama dari layanan ini.


Misalnya, seperti jaringan, server, penyimpanan, aplikasi, dan layanan. Serta dapat dengan cepat disediakan dan dirilis, dengan upaya manajemen atau interaksi penyedia layanan cloud yang minimal.


Baca juga: Mengenal Cloud Computing dan Jenis Layanannya


Sifat Cloud Computing

Pengiriman sumber daya teknologi informasi sesuai permintaan melalui jaringan publik atau pribadi tanpa biaya di muka, tanpa kontrak jangka panjang, dan harga bayar sesuai pemakaian (pay-as-you-go). Analoginya, sama seperti dengan bagaimana konsumen menyalakan saklar untuk menyalakan lampu di rumah mereka dan perusahaan listrik mengalirkan listrik, tidak perlu membeli, memiliki, dan memelihara pembangkit listrik sendiri.


Karakteristik Utama Cloud Computing

Cloud computing memanfaatkan beberapa elemen termasuk skala, virtualisasi, ketahanan, efisiensi biaya, orientasi layanan, dan agility. Elemen-elemen ini digabungkan menjadi lima karakteristik utama. Layanan cloud computing memiliki beberapa karakteristik kunci yang membedakannya dari model pengelolaan sumber daya tradisional. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari layanan cloud computing:


1. On-demand self-service

On-demand self-service adalah salah satu karakteristik utama dari layanan cloud computing. Ini mengacu pada kemampuan pengguna untuk mengakses, mengelola, dan mengonfigurasi sumber daya komputasi secara mandiri tanpa melibatkan interaksi langsung dengan penyedia layanan. Pada dasarnya, konsep ini memberikan kontrol langsung kepada pengguna untuk mengelola sumber daya sesuai kebutuhan mereka, kapanpun diperlukan, tanpa memerlukan persetujuan atau bantuan dari pihak penyedia. 

  

2. Broad Network Access

Broad Network Access adalah salah satu dari lima karakteristik utama dari model layanan cloud computing, yang dijelaskan dalam definisi NIST (National Institute of Standards and Technology). Karakteristik ini menekankan pada ketersediaan akses ke layanan cloud melalui berbagai perangkat dan platform dengan dukungan jaringan yang luas. Ketersediaan kapabilitas melalui jaringan dengan aksesibilitas melalui mekanisme standar yang mendorong penggunaan oleh konsumen melalui berbagai platform. Misalnya, telepon, laptop, dan PC.


3. Resource Pooling

Resource Pooling adalah Layanan cloud computing yang bermuara pada data center atau pusat data. Pada pusat data merupakan bangunan fisik dimana sumber daya komputasi dikumpulkan, dikelola dan dikonfigurasikan sehingga bisa menjadi pondasi dari layanan cloud computing yang diberikan. Pengumpulan sumber daya komputasi untuk melayani banyak konsumen menggunakan model multi-penyewa, dengan sumber daya fisik dan virtual berbeda yang ditetapkan serta ditetapkan kembali berdasarkan permintaan.


4. Rapid elasticity

Rapid Elasticity adalah salah satu karakteristik yang menyoroti kemampuan sistem cloud untuk dengan cepat dan otomatis meningkatkan atau mengurangi kapasitas sumber daya sesuai dengan perubahan permintaan pengguna. Penyediaan kapabilitas yang cepat dan elastis dapat meningkatkan dan menurunkan sumber daya dengan cepat. Hal ini dilakukan dalam beberapa kasus secara otomatis. Bagi konsumen, kemampuan yang tersedia untuk penyediaan seringkali dan hampir tidak terbatas serta dapat dibeli dalam jumlah berapapun dan kapan saja. 


5. Measured service

Measured Service adalah sumber daya yang dikontrol dan dioptimalkan secara otomatis digunakan dengan memanfaatkan kapabilitas pengukuran pada beberapa tingkat abstraksi, sesuai dengan jenis layanan. Misalnya, penyimpanan, pemrosesan, bandwidth, dan akun pengguna aktif. Konsep ini menyoroti kemampuan penyedia layanan cloud untuk secara otomatis mengukur dan memonitor penggunaan sumber daya komputasi, serta memberikan transparansi terkait dengan penggunaan tersebut. 


Baca juga: Mengantisipasi 5 Jenis Error Umum dalam Programming untuk Peningkatan Kualitas Kode


Mengenali karakteristik layanan cloud computing menjadi kunci bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung pertumbuhan dan inovasi. Skalabilitas, akses dari mana saja, pembayaran berbasis penggunaan, keamanan, pemeliharaan otomatis, dan fleksibilitas aplikasi adalah elemen-elemen yang menjadikan cloud computing sebagai pilihan yang tepat dalam landscape teknologi informasi modern. Dengan memahami dan mengoptimalkan fitur-fitur ini, perusahaan dapat mengoptimalkan potensi layanan cloud untuk mencapai tujuan bisnis mereka.


Setelah paham tentang karakteristik cloud computing, kini kamu tidak perlu cemas dan ragu jika ingin memanfaatkan layanan tersebut. Jika kamu membutuhkan infrastruktur seperti VPS dapat memanfaatkan layanan di www.morfotech.id, siap membantu meningkatkan performa bisnismu agar semakin berkembang dan maju.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Mengoptimalkan Penyimpanan iCloud: Panduan Lengkap Cara Menghapus File untuk Keteraturan Lebih Baik

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Januari 30, 2024 11:33 AM
Logo Mogi