Bagikan :
clip icon

Mengenal Cloud Computing dan Jenis Layanannya

Morfotech Indonesia
foto : freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Cloud computing merupakan sebuah sistem informasi yang memungkinkan kemudahan akses kepada komponen sumber daya seperti server, aplikasi, dan database melalui jaringan internet. Dengan menggunakan sistem ini, sumber daya akan disimpan dan dikelola di pusat data yang terhubung dengan internet. 


Cloud computing telah menjadi bagian integral dalam dunia teknologi informasi modern, membawa revolusi dalam penyimpanan data, pengolahan informasi, dan pengelolaan sumber daya IT.


Baca juga: Mengenal Google Activity, Fungsi, Fitur, dan Cara Menggunakannya


Untuk skala perusahaan, mereka dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja dengan mudah melalui aplikasi atau situs. User juga tidak perlu memiliki infrastruktur cloud sendiri. Mereka bisa mengelola dan memantau server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud.


Dilansir cloudcomputing.id (28/1) "Sumber daya komputasi, mencakup berbagai elemen yang mendukung kinerja komputasi seperti Prosesor (CPU), Memori (RAM), Media Penyimpanan (Storage), Perangkat Jaringan (Network), Sistem Operasi (OS), Perangkat Lunak Aplikasi (Software)".


Artikel ini akan memberikan pemahaman mendalam tentang apa itu cloud computing dan jenis layanannya.


Definisi Cloud Computing


Cloud computing merujuk pada model pengelolaan sumber daya komputasi melalui internet. Sebagai alternatif terhadap penyimpanan data dan pemrosesan lokal, cloud computing memungkinkan akses ke sumber daya IT, seperti server, penyimpanan, dan perangkat lunak, tanpa harus dimiliki atau dikelola secara langsung oleh pengguna.


Baca juga: AI Ancam hingga 40% Sektor Pekerjaan Yang Akan Terdampak !


Jenis-Jenis Layanan Cloud Computing

Menurut NIST (National Institute of Standards and Technologyterdapat tiga jenis layanan cloud computing. Jenis layanan ini menentukan kontrol dan tingkat keterlibatan pengguna dalam pengelolaan sumber daya komputasi. Ketiga jenis layanan cloud computing tersebut adalah sebagai berikut:


1.  Infrastructure-as-a-service (IaaS)

Berikutnya, model IaaS memungkinkan Anda untuk tidak perlu memiliki hardware komputer. Selama Anda memahami tentang bagaimana mengelola software komputer, sistem jaringan database situs atau aplikasi Anda bisa berjalan dengan lancar. 

Komponen komputer lainnya juga bisa Anda tambahkan untuk tingkatkan performa layanan seperti RAM, CPU, dan penyimpanan data. 

Keuntungan dari jenis sistem ini adalah jika Anda mengalami kendala dalam konfigurasi perangkat, penyedia layanan cloud-lah yang akan menanganinya untuk Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi keluar biaya untuk perawatan sistem.

 

2. Platform-as-a-service (PaaS)

Dalam model PaaS, penyedia layanan cloud menyediakan berbagai komponen sumber daya seperti server, database, dan komponen pendukung lainnya yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi.

Pengguna kemudian dapat mengakses platform tersebut melalui internet dan mulai membangun aplikasi mereka yang sudah terintegrasi dengan sistem. 

Keuntungan menggunakan PaaS adalah fleksibilitas dan efisiensi biaya. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi sumber daya komputasi yang digunakan untuk aplikasi atau situs mereka sesuai kebutuhan.

 

3. Software-as-a-service (SaaS)

Dalam model SaaS, penyedia layanan memiliki peran untuk memelihara dan mengelola hardware, aplikasi, situs dan infrastruktur sebuah sistem. Selain itu, jenis cloud ini juga bertanggung jawab untuk menyediakan pembaruan dan pemeliharaan keamanan untuk user. Pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan untuk mengakses aplikasi dan layanan. Mereka juga dapat memilih untuk menyesuaikan layanan yang mereka butuhkan.


Baca juga: Peringatan Keamanan:13 Aplikasi Berbahaya yang Dapat Mengambil Alih Ponsel Android dari Jauh


Cloud computing telah menjadi pilar penting dalam transformasi digital, memberikan solusi yang efisien dan scalable untuk berbagai kebutuhan IT. Dengan karakteristiknya yang fleksibel dan berbagai jenis layanannya, cloud computing terus menjadi pilihan utama bagi perusahaan dan individu yang ingin memanfaatkan teknologi secara efektif dan hemat biaya.


Setelah Mengenal Cloud Computing dan Jenis Layanannya, kini kamu tidak perlu cemas dan ragu jika ingin memanfaatkan layanan tersebut. Jika kamu membutuhkan infrastruktur seperti VPS dapat memanfaatkan layanan di www.morfotech.id, siap membantu meningkatkan performa bisnismu agar semakin berkembang dan maju.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Mengoptimalkan Penyimpanan iCloud: Panduan Lengkap Cara Menghapus File untuk Keteraturan Lebih Baik

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Januari 29, 2024 10:28 AM
Logo Mogi