Bagikan :
clip icon

Ketahui Apa Itu Web Server dan Cara Kerjanya

Morfotech Indonesia
foto : freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Perkembangan teknologi saat ini membuat orang sadar akan pentingnya teknologi dan mencoba memahaminya. Salah satu hal yang perlu kamu pelajari adalah teknologi web server.


Setiap orang tentu sering menggunakan browser ketika menjelajahi internet. Lantas apa hubungannya web server dengan browser? Singkatnya, browser yang sering kamu pakai bertindak sebagai klien. Browser akan mengirimkan beragam permintaan kepada web server. Itulah salah satu hubungannya. Lalu seperti apa web server itu? 


Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu web server, peranannya dalam menyediakan konten di internet, dan bagaimana cara kerjanya.


Baca juga: Mengenal Mail Server: Cara Kerja dan Manfaatnya


Apa Itu Web Server?


Web server adalah perangkat yang menyimpan, mengelola, dan mengirimkan halaman web kepada pengguna melalui internet. Ini bertindak sebagai titik pusat penyimpanan data dan aplikasi web, memungkinkan pengguna mengakses informasi dengan mengakses URL melalui browser web mereka.


Web server menyimpan berbagai jenis file, termasuk dokumen teks, gambar, video, dan aplikasi web. Ketika seseorang mengakses suatu situs web, permintaan dikirimkan ke web server yang kemudian merespons dengan mengirimkan file yang diminta ke browser pengguna.


Baca juga: Mengenal Mail Server: Cara Kerja dan Manfaatnya

 

Cara Kerja Web Server


Setelah memahami pengertian web server, sekarang kita akan membahas lebih jauh tentang cara kerja web server. Walaupun semua komputer bisa dipakai untuk menyimpan file dan terkoneksi internet, namun ada kriteria khusus agar sebuah komputer dapat bekerja sebagai server. Cara kerja web server melibatkan beberapa langkah:


  1. Saat Anda hendak mengunjungi sebuah website, browser akan membuat sebuah permintaan ke internet bernama HTTP request.
  2. Web browser menggunakan Domain Name System (DNS) untuk mencari alamat IP dari website yang ingin Anda kunjungi. Alamat IP bekerja seperti nomor telepon Anda, yaitu semacam identitas khusus tempat browser bisa menghubungi server tujuan.
  3. Web server menerima request dari browser lalu memprosesnya ke HTTP server. Jika HTTP server menyetujui request tersebut, server akan mencari file website yang ingin Anda akses.
  4. Server kemudian mengirimkan kembali file tersebut ke web browser untuk ditampilkan dalam bentuk website.
  5. Jika server tidak menemukan file yang Anda minta, server akan mengirimkan pesan 404 Error. Atau pada beberapa sebab, 403 Error.


Baca juga: Apa itu Server? Berikut Pengertian, Jenis, dan Fungsinya


Seperti itulah cara kerja web server dalam melayani request dari klien. Jadi, sebuah server memerlukan banyak komponen khusus untuk menjalankan fungsi sebagai server website. Tidak hanya sekadar bertukar file seperti komputer biasa. Dengan memahami peran dan cara kerja web server, pengguna dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana informasi di internet diakses dan disajikan.


Dari penjelasan tersebut dapat di simpulkan bahwa web server mempunyai peran penting. Jika Anda adalah seorang webmaster, jangan lupa juga untuk membekali web Anda dengan server yang reliable dan handal. Sebagai rekomendasi, kami dari Morfotech ID siap untuk menjawab kebutuhan web server yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Ayo konsultasikan dengan tim ahli kami untuk memilih kebutuhan web server Anda.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Mengenal Karakteristik Layanan Cloud Computing

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Februari 5, 2024 10:43 AM
Logo Mogi