Bagikan :
clip icon

Fitur Grammar Check di Google Search, Wajib Kalian Coba!

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Google telah memperkenalkan fitur terbarunya yang sangat berguna bagi sebagian orang yang menulis dengan tata bahasa inggris yang baik dan benar. Fitur tersebut dinamakan "grammar check" atau pemeriksaan tata bahasa, dan didukung dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).


Google yang biasa digunakan sebagai mesin pencari kini semakin berkembang cepat. Google hadir tidak hanya membantu dalam mencari informasi saja, namun menawarkan banyak fitur menarik. Kini fitur terbaru Google Search yang wajib untuk dicoba yaitu, mengecek tata bahasa inggris yang digunakan dalam tulisan.


Baca juga: Kecanggihan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Bisa Buat Avatar di Tiktok


Melansir dari sumber 9to5google, fitur ini mungkin untuk memeriksa apakah frasa atau kalimat yang kita tulis sudah sesuai dengan tata bahasa yang benar. Fitur ini awalnya hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi kemungkinan akan diperluas untuk mendukung bahasa-bahasa lainnya di masa mendatang, dikutip dari teknologi.solopos.com, selasa 8/8/2023 


Cara Menggunakan Fitur Cek Grammar Google Search


Untuk menggunakan fitur cek grammar tentu sangatlah mudah, Kita hanya perlu mengetikkan frasa atau kalimat yang ingin diperiksa. Setelah semua kalimat tertulis, tambahkan kata kunci "grammar check" atau "check grammar" di bagian akhir tulisan. Google akan dengan cepat menilai tata bahasa yang kita gunakan.


Apabila tata bahasa yang kita gunakan sudah benar, maka Google akan menampilkan tanda centang hijau sebagai tanda persetujuan. Namun, apabila tata bahasa yang kita gunakan ada kesalahan, maka Google akan menggarisbawahi kalimat yang salah dan memberikan saran perbaikan.


Baca juga: Google Akan Hapus Masal Akun Yang Sudah Tidak Aktif Lagi


Dengan dukungan teknologi kecerdasan buatan artificial intelligence (AI) yang dikembangkan oleh Google sebagai analisis bahasa. Tidak menutup kemungkinan bahwa hasil yang didapat dari pemeriksaan "grammar check" 100 persen akurat, terutama pada saat menghadapi kalimat-kalimat yang kompleks. 


Untuk membantu meningkatkan kualitas fitur "grammar check" Google juga memberikan opsi untuk memberikan umpan balik apabila ada kesalahan atau ketidakrelevanan dalam hasil pemerikasaan tata bahasa. 


Baca juga: Google Search Dikabarkan Akan Gunakan Fitur AI


Hal yang perlu diingat bahwa fitur cek tata bahasa ini memiliki beberapa batasan. Google telah menetapkan bahwa fitur ini tidak akan berfungsi jika terdapat pelanggaran terhadap kebijakan mesin pencari, seperti penggunaan kata-kata berbahaya, obat-obatan, atau kata-kata kasar. 


Hal tersebut dilakukan Google sebagai langkah positif untuk membantu pengguna dalam menulis dengan tata bahasa yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Google Resmi Merilis Saingan ChatGPT

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Agustus 8, 2023 1:42 PM
Logo Mogi