Bagikan :
clip icon

Google Akan Hapus Masal Akun Yang Sudah Tidak Aktif Lagi

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Google akan hapus akun-akun penggunanya yang dinilai sudah tidak aktif lagi. Akun Google yang dimaksud meliputi Gmail, Youtube, Drive, Maps, hingga Google Photos, dll.


Akun yang dikategorikan tidak aktif ialah akun yang sudah tidak pernah dipakai selama 2 tahun atau lebih tanpa adanya aktivitas lainnya.


Baca juga: Google Resmi Merilis Saingan ChatGPT


Google juga tidak hanya menutup akun tetapi, juga akan menghapus konten yang ada di akun tersebut, termasuk konten yang disimpan pada Gmail, Workspace, YouTube, dan Google Photos. 


Dilansir pada Liputan6.com, Selasa (23/05/2023), "Google menyebut kebijakan ini sebagai upaya peningkatan privasi, namun dapat juga dilihat sebagai tindakan pemotongan biaya untuk melonggarkan penyimpanan server". 


Baca juga: Google Search Dikabarkan Akan Gunakan Fitur AI


Akun yang tercatat tidak pernah terpakai lagi, akan menjadi terget utama penghapusan Google. Namun demikian sebelum tindakan tersebut dilakukan Google akan mengirimkan email, ke pengguna untuk login tetap aktif, guna menghindari hilangnya data penting. Jangka waktu yang diberikan Google untuk memulihkan akun juga masih lama, berkisar 4 bulan lagi.


Untuk menghindari hilangnya akun tersebut pengguna disarankan untuk melakukan beberapa aktivitas Google seperti mengirim email, menonton youtube, menggunakan Drive, dll.


Baca juga: Beberapa Manfaat Menghapus Akun Google!


Dilansir pada Liputan6.com (23/05/2023) "Aktivitas akun Google ditunjukkan oleh akun, bukan oleh perangkat, anda dapat mengambil tindakan di platform manapun tempat anda login ke akun Google anda, misalnya di ponsel" Ungkap Google pada blog Google (18/5/2023)


Google juga menyarankan untuk pengguna mengecek menu pengaturan dan memastikan adanya email pemulihan dapat ter-verifikasi dengan baik.


Kebijakan penghapusan akun ini hanya untuk akun personal tidak untuk akun kantor, akun sekolah atau institusi lain dan pengecualian untuk akun yang pernah melakukan transaksi berlangganan Google, layanan atau bahkan produk aplikasi jadi aman terhindar dari penghapusan masal ini.


Oleh karena itu sangat disarankan untuk kalian mengecek kembali email anda yang mungkin sudah lama tidak melakukan aktivitas apapun di dalamnya, sehingga akun Google kalian tidak terhapus oleh Google. 


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP)




Baca juga: Hapus Akun Di Google, Cek Manfaat Untuk Pengguna


Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech Creative Team
Selasa, Mei 23, 2023 12:23 PM
Logo Mogi