Bagikan :
clip icon

Waspadai Ciri-ciri WhatsApp Disadap!

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dalam era digital yang semakin canggih, keamanan data pribadi menjadi isu yang semakin mendesak. Salah satu platform komunikasi paling populer, WhatsApp, juga tidak luput dari ancaman keamanan, seperti disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 


Untuk itu para pengguna WhatsApp perlu waspada terhadap tanda-tanda bahwa akun mereka mungkin telah disadap, karena dapat berdampak pada keamanan data pribadi serta informasi yang sensitif.


Baca juga: WhatsApp Menyiapkan Fitur Tampilan Ganti Warna


Menurut para ahli keamanan cyber, ada beberapa ciri yang dapat dijadikan petunjuk bahwa akun WhatsApp seseorang telah disadap. Salah satu ciri yang paling umum adalah ketika ponsel pengguna menjadi panas secara tidak wajar saat menggunakan WhatsApp. Pemanasan yang tidak lazim ini bisa menjadi tanda bahwa ada aktivitas yang tidak biasa terjadi di belakang layar, seperti proses pengawasan atau pemantauan yang tidak sah.


Selain itu, pengguna WhatsApp juga harus memperhatikan peningkatan yang tiba-tiba dalam penggunaan kuota data mereka. Jika kuota data habis lebih cepat dari biasanya tanpa alasan yang jelas, hal ini bisa menjadi petunjuk bahwa ada aktivitas yang mencurigakan yang menggunakan koneksi data pengguna secara diam-diam, seperti pengiriman atau penerimaan data yang tidak diizinkan.


Baca juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp Demi Keamanan Lebih Baik


Berikut Tanda-tanda, WhatsApp Disadap perlu Anda Waspadai


1. Ponsel panas

Apabila smartphone Anda sering panas bahkan ketika sedang menjalankan aplikasi ringan, Anda patut curiga dengan adanya software peretas di dalamnya. Biasanya, smartphone baru akan panas jika Anda gunakan untuk menonton film dalam jangka waktu yang lama.


2. Baterai cepat habis

Apabila baterai ponsel Anda lebih cepat habis dari biasanya, periksa apakah Anda membuka banyak aplikasi di latar belakang (background apps). Aplikasi ini dapat memakai banyak data. Anda dapat menghemat daya baterai dengan membatasi data aplikasi latar belakang, meski beberapa di antaranya bekerja di luar kendali pemilik Hp.


3. Gangguan internet

Smartphone yang mengalami peretasan biasanya juga akan mudah mengalami gangguan jaringan. Anda perlu memeriksanya jika hal itu sering terjadi.


4. Iklan aneh

Kemunculan iklan pop-up pada smartphone juga bisa jadi salah satu tanda peretasan. Apalagi, jika iklan tersebut terlihat tak biasa atau aneh. Langkah yang harus Anda lakukan jika iklan tersebut muncul adalah jangan mengkliknya. Untuk menangkalnya, Anda perlu memasang pembersih iklan (adware cleaner).


5. Muncul Situs tak biasa

Kadang Google mengubah tampilan beranda mereka untuk hari khusus lewat Google Doodle memang. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa banyak situs terlihat berbeda dari biasanya, itu bisa menandakan iPhone atau Android Anda diretas.


6. Aplikasi baru

Salah satu tanda peretasan adalah munculnya aplikasi baru tanpa sepengetahuan Anda. Jika Anda melihat aplikasi yang dimaksud, segeralah pasang penghapus malware (malware removal).


7. Aplikasi nge-freeze

Jika aplikasi Anda sering berhenti, atau ponsel sering membeku (freeze), mungkin karena smartphone Anda diretas dan perangkat lunak perusak menghabiskan sumber daya ponsel Anda.


8. Nomor tak dikenal

Anda patut curiga jika tiba-tiba ada nomor tak dikenal melakukan panggilan atau mengirim pesan ke perangkat Anda. Jika pesan itu berisi tautan atau link, ada baiknya Anda tidak sembarangan mengklik tautan tersebut. Link itu bisa saja menuju ke situs yang memuat malware.


9. Kuota cepat habis

Jika Anda melihat lonjakan yang tidak dapat dijelaskan dalam penggunaan data Anda, seseorang mungkin mencuri data Anda untuk sebuah serangan. Perangkat iPhone atau Android yang diretas dapat menggunakan data Anda untuk mengirimkan informasi yang dikumpulkan dari ponsel Anda.


10. Tagihan tak terduga

Penggunaan data tersebut bisa berujung kepada tagihan yang berlebihan. Itu karena seseorang yang mengendalikan smartphone Anda tanpa diketahui, mungkin saja menggunakan paket data berbayar. Atau, peretas mengirim aplikasi yang bakal menerapkan langganan dengan biaya. Aplikasi itu disebut dengan Fleeceware. Dikutip dari cnnindonesia.com, Senin (18/3/2024)


Baca juga: Akhirnya WA Keluarkan Fitur Terbaru, Yaitu Share Screen


Jika Ponsel Anda sudah mengalami beberapa yang sudah disebutkan diatas, penting bagi Anda untuk segera mengambil langkah-langkah pencegahan, seperti mengubah kata sandi, memverifikasi perangkat yang terhubung, dan menginstal perangkat lunak keamanan tambahan jika diperlukan.


Ketika berurusan dengan keamanan data pribadi, kesadaran dan tindakan preventif adalah kunci untuk melindungi diri dari ancaman cyber yang mungkin mengintai di dunia digital yang terus berkembang pesat ini.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga:WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Multiple Accounts: Aktifkan Dua Akun dalam Satu Aplikasi

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Maret 18, 2024 2:25 PM
Logo Mogi