Bagikan :
clip icon

Sistem Operasi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com
Jakarta, Morfotech Indonesia_Sistem operasi (Operating System/OS) adalah perangkat lunak yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk perangkat lunak aplikasi. Tanpa sistem operasi, penggunaan komputer akan sangat sulit karena pengguna harus berinteraksi langsung dengan perangkat keras menggunakan bahasa mesin. Dengan sistem operasi, pengguna dapat menggunakan antarmuka grafis atau perintah-perintah yang lebih manusiawi.


Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi adalah sistem yang terdiri dari berbagai komponen kerja hingga metode yang digunakan untuk memerintah dan menjalankan perangkat sesuai keinginan pengguna. 

Sistem operasi mengatur sumber daya seperti memori, prosesor, perangkat input/output, dan menyediakan layanan yang diperlukan untuk menjalankan program-program komputer.

Sistem operasi secara sederhana yaitu, hubungan antara software dan hardware pada komputer dan saling membutuhkan satu sama lain. 


Fungsi Sistem Operasi
Sistem operasi adalah sebagai pengontrol dalam melakukan program-program pada aplikasi. Terdapat beberapa fungsi dan peran penting dari keberadaan sistem operasi, diantaranya yaitu:

1. Menjalankan Operasi Dasar
Sistem operasi memiliki fungsi utama menjalankan operasi atau pemrograman dasar pada komputer. OS sebagai dasar bagi perangkat lunak lain untuk beroperasi.

2. Mengatur Kinerja Perangkat
Selain sebagai operasi dasar, OS bertindak sebagai resource manager dalam komputer, tujuannya mengontrol fungsi dari hardware, seperti memory card, hard disk, CPU dan perangkat keras penunjang lainnya. Bahkan, OS diatur menjadi starter penghubung aplikasi lain dengan hardware.

3. Menyimpan Program atau Aplikasi
Beragam aplikasi dalam komputer bukan hanya tersimpan dalam ruang penyimpanan, melainkan berada di dalam sistem operasi. Secara tak langsung aplikasi tersebut melekat pada OS dan hanya bisa dijalankan jika OS beroperasi.

4. Menampilkan Visualisasi Laman
Tampilan laman pada layar komputer atau smartphone rupanya berasal dari pengolah sistem operasi. OS dengan cerdas akan mengolah bahasa pemrograman dari CPU, kemudian ditampilkan dalam bentuk grafis, teks, video, audio sesuai dengan yang ada pada laman tersebut.

5. Mengamankan Program
Sistem operasi definisinya tidak hanya sebagai perangkat lunak, melainkan membawa fungsi penting sebagai sistem pengaman ketika user sedang menjalankan suatu program. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mencegah malware dan kejahatan cyber lainnya.


Contoh Sistem Operasi
1. Windows
Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini sangat populer di seluruh dunia dan digunakan secara luas di berbagai perangkat, mulai dari desktop hingga server.

2. MacOS
MacOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple Inc. Ini dirancang khusus untuk komputer Macintosh dan menyediakan antarmuka yang elegan dan intuitif.

3. Linux
Linux adalah sistem operasi sumber terbuka yang tersedia secara gratis. Ini digunakan di berbagai perangkat, termasuk server, komputer desktop, dan perangkat mobile.

4. Android
Android adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google. Ini digunakan secara luas di berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan perangkat wearable.

5. iOS
iOS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple Inc. Ini digunakan eksklusif di perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Dengan memahami konsep dasar, tujuan, dan contoh-contoh sistem operasi, pengguna dapat lebih memahami peran penting yang dimainkan oleh sistem operasi dalam operasi komputer sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Februari 13, 2024 11:06 AM
Logo Mogi