Bagikan :
clip icon

Apa itu Coding? Ini Penjelasan Mudahnya untuk Pemula

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Profesi programmer atau developer perangkat lunak banyak menarik minat atau menjadi primadona sebagian orang. Perkembangan perangkat lunak atau aplikasi tidak terlepas dari para programmer yang mengembangkannya, dengan kata lain programmer lah yang meng coding aplikasi tersebut. Jadi apa itu coding


Pemahaman tentang coding atau pemrograman menjadi semakin penting. Namun, bagi sebagian orang, konsep coding masih terdengar abstrak dan sulit dipahami. Saat ini sudah banyak orang yang mempelajari coding, walaupun bukan dari background yang memiliki pendidikan komputer atau informatika. Bukan tanpa alasan mereka belajar coding, mulai dari profesi yang melimpah dan banyak dibutuhkan sehingga dapat digunakan sebagai penunjang karir. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan secara mudah apa itu coding dan mengapa hal ini penting, khususnya bagi pemula.


Baca juga: Mengenal Hosting Web! Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya


Apa Itu Coding?

Coding adalah proses menulis, menguji, dan memperbaiki serangkaian instruksi yang disusun dalam bahasa pemrograman untuk menciptakan program komputer. Dalam konteks yang lebih sederhana, coding bisa diibaratkan seperti menulis resep untuk mengarahkan komputer dalam melakukan tugas tertentu.


Pemrograman melibatkan penggunaan bahasa pemrograman, yang pada dasarnya adalah kumpulan aturan dan simbol-simbol yang digunakan untuk menulis instruksi bagi komputer. Bahasa pemrograman ini dapat berupa Python, Java, C++, dan banyak lagi.


Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Colocation Server: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya


Bahasa Pemrograman

Untuk memulai belajar coding, langkah pertama adalah menentukan bahasa pemrograman yang akan dipakai. Tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang akan kamu buat. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristiknya masing-masing. 


Misalnya Anda akan memulai coding untuk membuat aplikasi android, maka Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Sedangkan jika Anda akan memulai coding untuk membuat aplikasi web, maka Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, maupun bahasa pemrograman lainnya. 


Sebenarnya Anda bisa dengan leluasa memilih bahasa pemrograman yang akan digunakan. Berikut ini beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa Anda gunakan untuk memulai coding.


1. Python

Python adalah bahasa pemrograman yang memiliki sintaks sederhana dan mudah dipelajari. Python mempunyai banyak peminat hingga mencapai 11% pengguna pada 2021. Python bersifat open source, yang berarti kode sumbernya dapat diakses, dimodifikasi, dan didistribusikan oleh siapa saja secara gratis. meskipun memiliki sintaks yang sederhana, python tetap dinilai sebagai bahasa pemrograman serba bisa karena dapat digunakan untuk mengembangkan Artificial Intelligence (AI), membuat analisis data, hingga visualisasi data.


2. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang cocok untuk membuat aplikasi mobile. Program Java dikompilasi ke dalam bytecode, yang dapat dijalankan pada mesin virtual Java (JVM) di berbagai platform, termasuk Windows, macOS, Linux, dan lainnya. Ini membuat Java sangat portabel dan ideal untuk pengembangan perangkat lunak lintas platform. Meskipun demikian, java juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop, sob.  


3. C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang kuat dan fleksibel, C++ mendukung konsep OOP seperti pewarisan (inheritance), polimorfisme, enkapsulasi, dan abstraksi. Ini memungkinkan pengembang untuk membangun program-program yang terstruktur dan mudah dimengerti. Karena fitur-fitur tersebut, C++ tetap menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia, terutama dalam pengembangan perangkat lunak yang memerlukan kinerja tinggi dan kontrol yang tinggi terhadap sumber daya komputer.


4. CSS

CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan atau gaya dari halaman web yang ditulis dalam HTML dan XHTML. CSS digunakan untuk membuat tampilan website mulai dari warna teks, jenis font, baris antar paragraf, ukuran kolom, dan jenis background. Dan dengan CSS, proses penulisan kode akan lebih cepat.


5. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sering digunakan untuk membuat halaman web interaktif dan dinamis. JavaScript digunakan untuk menambahkan interaksi, validasi data, animasi, dan banyak lagi.


6. PHP

PHP adalah singkatan dari "Hypertext Preprocessor". Ini adalah bahasa pemrograman server-side yang sering digunakan untuk mengembangkan situs web dinamis dan aplikasi web. PHP secara khusus dirancang untuk digunakan dalam pengembangan web, dan dapat disematkan langsung ke dalam HTML.


7. HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat struktur dan konten halaman web. HTML menggunakan elemen-elemen yang diberikan dalam tag-tag untuk merancang dan mengatur informasi pada halaman web. HTML memungkinkan pembuatan hyperlink, yang memungkinkan pengguna untuk berpindah antara halaman web atau bagian-bagian tertentu dari halaman web dengan mudah. Bahasa mark up bisa digunakan untuk membuat struktur halaman yang mana akan berpengaruh pada SEO website


Baca juga: Ketahui Apa Itu Web Server dan Cara Kerjanya


Coding merupakan proses atau kegiatan pengolahan kode yang kamu tuliskan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sehingga komputer dapat memahami apa yang kamu tuliskan dan melakukan operasi sesuai dengan apa yang kamu tulis. Di era serba teknologi seperti sekarang ini, memiliki kemampuan ngoding akan menjadi bekal yang bagus untuk Anda. 


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Mengenal Mail Server: Cara Kerja dan Manfaatnya

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Februari 12, 2024 11:35 AM
Logo Mogi