Bagikan :
clip icon

Project Management Dengan Software Development: Apa Sih Bedanya?

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Perbedaan antara project management dan software development menjadi perbincangan yang semakin relevan. Keduanya merupakan komponen penting dalam pengembangan software, tetapi memiliki peran yang berbeda dalam keseluruhan proses.


Bagi pemula, mengetahui perbedaan ini sangat penting untuk menentukan tujuan karir kedepannya. Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai berbedaan Project Management dengan Software Development 


Baca juga: Pengertian dan Cara Kerja Software Engineering


Peran Project Management


Project Management melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan mengarahkan sumber daya untuk mencapai tujuan proyek secara efisien. Ini adalah disiplin yang luas dan berlaku untuk berbagai jenis proyek, termasuk proyek di luar bidang teknologi. Namun, dalam konteks pengembangan software, Project Management menjadi penting untuk memastikan bahwa proyek tersebut berjalan sesuai dengan jadwal, anggaran, dan memenuhi tujuan bisnis yang telah ditetapkan.


Peran Software Development


Sedangkan software development berfokus pada proses menciptakan, merancang, memelihara, dan meningkatkan software. Ini melibatkan berbagai disiplin ilmu, termasuk pemrograman, pengujian software, desain, dan manajemen konfigurasi. Tim pengembang perangkat lunak bekerja sama untuk menghasilkan produk software yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang telah ditetapkan.


Baca juga: Sistem Operasi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya


Perbedaan Project Management Dengan Software Development


Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, Project management berfokus pada klien sedangkan software development memiliki fokus pada pengembangan aplikasi. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:


 A. Project Management

Apabila Anda adalah salah satu pekerja software house, harus paham apa yang klien inginkan dan minta. Dan sebagai project management harus dapat mewujudkan apa yang klien butuhkan, dan apabila tidak dapat mewujudkan, seorang project management harus menjelaskan alasannya kepada klien. Itulah fokus kerja yang harus dimiliki seorang project management


B. Software Development

Sedangkan software development lebih fokus pada pengembangan aplikasi dan bagaimana aplikasi tersebut dapat digunakan kepada pengguna yang dituju. Setelah klien menyerahkan target pengguna serta tujuan pengembangan aplikasi, maka software development berkreasi agar bisa mencapai hasil tersebut.


Baca juga: Mengenal Hosting Web! Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya


Project Management bertanggung jawab untuk:


  1. Merencanakan proyek, termasuk menentukan ruang lingkup, sumber daya, dan jadwal.
  2. Mengkoordinasikan tim, memastikan setiap anggota tim memahami peran dan tanggung jawab mereka.
  3. Memantau kemajuan proyek dan mengidentifikasi risiko serta masalah yang mungkin timbul.
  4. Berkomunikasi dengan pemangku kepentingan untuk memastikan kepuasan mereka terhadap hasil proyek.


Software Development bertanggung jawab untuk:


  1. Menerjemahkan kebutuhan bisnis menjadi kode yang dapat dieksekusi oleh komputer.
  2. Merancang arsitektur perangkat lunak yang efisien dan dapat diskalakan.
  3. Menguji software untuk memastikan fungsi dan kualitasnya.
  4. Berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, seperti analis bisnis dan desainer, untuk memastikan kesesuaian produk dengan kebutuhan bisnis dan kepuasan pengguna.


Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Colocation Server: Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya


Dengan memahami perbedaan antara kedua bidang ini, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan memastikan kesuksesan proyek pengembangan perangkat lunak mereka.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Ketahui Apa Itu Web Server dan Cara Kerjanya

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Februari 16, 2024 10:33 AM
Logo Mogi