Bagikan :
clip icon

Lima Profesi AI yang Banyak Dicari di Era Digital

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (AI) telah memimpin revolusi teknologi di era digital. Sudah banyak organisasi/perusahaan yang mengimplementasikan AI dalam bisnisnya. Perkembangan AI telah membuka pintu untuk berbagai peluang karir yang menarik dan menguntungkan.


Dilansir infokomputer.grid.id (16/10) "McKinsey melakukan survei bahwa 50% perusahaan telah menggunakan AI pada area bisnis mereka dimulai dari tahun 2022. Dikatakan bahwa angka tersebut meningkat hingga 2,5 kali lipat dibandingkan lima tahun sebelumnya.  


Baca juga: 10 Jurusan IT Paling Dicari oleh BUMN di Indonesia: Peluang Karir Menjanjikan di Dunia Teknologi

 

Di bawah ini, kita akan melihat lima profesi AI yang saat ini banyak dicari dan penting dalam dunia teknologi modern:


1. Data Scientist 


Data Scientist adalah profesional yang menggali, mengumpulkan, menyortir dan menganalisis data untuk menghasilkan wawasan berharga. Mereka menggunakan teknik-teknik AI untuk memahami tren, mengidentifikasi pola, dan membuat prediksi. Dalam era digital, ilmuwan data sangat dicari oleh perusahaan untuk membantu mereka mengambil keputusan yang didasarkan pada bukti data.


2. Machine Learning Engineer 


Machine Learning Engineer (Insinyur pembelajaran mesin) bertanggung jawab untuk mengembangkan model AI yang dapat belajar dan beradaptasi dengan data. Mereka menciptakan algoritma pembelajaran mesin yang digunakan untuk menghasilkan kecerdasan dalam aplikasi dan produk, termasuk kendaraan otonom, rekomendasi online, dan banyak lagi.


Baca juga: IBM Ungkap 5 Tren Teknologi Bisnis Terkini di 2023


3. AI Research Scientist 

AI Research Scientist adalah para inovator yang bekerja pada proyek-proyek penelitian lanjutan dalam kecerdasan buatan. Mereka mencoba untuk mengembangkan algoritma dan teknologi AI yang lebih canggih. Profesi ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang matematika, statistik, dan komputer.


4. AI Product Manager


AI Product Manager adalah seseorang yang memiliki kemampuan bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meluncurkan produk baru berbasis teknologi  AI. Dalam era komunikasi digital yang semakin penting, AI Product Manager berperan dalam mengembangkan teknologi yang memungkinkan mesin untuk memahami dan menghasilkan bahasa manusia. Ini mencakup aplikasi seperti chatbot, terjemahan otomatis, dan analisis sentimen. AI product manager ini lebih sering bekerja dengan para insinyur, desainer, dan pemegang kepentingan lain yang ada di perusahaan. 


5. AI Ethicist Officer 


AI Ethicist Officer bertanggung jawab penuh untuk mempertimbangkan implikasi etis dan sosial dari penggunaan teknologi AI. Mereka membantu memastikan bahwa pengembangan dan implementasi AI sesuai dengan nilai-nilai moral dan norma-norma masyarakat.


Baca juga: 10 Aplikasi Kompres File untuk Mempermudah Pengiriman File


Dalam dunia yang semakin berkembang dan didorong oleh AI, profesi-profesi tersebut menjadi semakin dicari. Para profesional di bidang ini memiliki peluang sangat  besar untuk berkontribusi pada perkembangan teknologi yang membentuk masa depan. Bagi kalian yang ingin mengejar karir di dunia AI, memahami peran-peran diatas bisa menjadi langkah awal yang sangat baik.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).












Baca juga: 6 rekomendasi AI Logo Generator Untuk Pemilik Bisnis

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Oktober 17, 2023 11:00 AM
Logo Mogi