Bagikan :
clip icon

IBM Ungkap 5 Tren Teknologi Bisnis Terkini di 2023

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta,Morfotech Indonesia_Teknologi dalam dunia bisnis semakin berkembang pesat dalam membantu perkembangan ekonomi dunia. Tahun 2023 para pelaku bisnis terus berusaha mencari kecepatan, kesigapan, ketahanan, dan pengendalian biaya dari perusahaan dengan memilih teknologi digital yang tepat.


Roy Kosasih selaku President Director International Business Machines (IBM) Mengatakan "Di tahun 2023 ini bisnis bukan lagi tentang bagaimana kita menggunakan teknologi tersebut. Namun, bagaimana tentang teknologi dapat diterapkan untuk memaksimalkan tujuan berkembangnya perusahaan. 


Baca juga: Mengembangkan Usaha dengan Sistem Kasir Online yang Efisien: Menuju Kesuksesan yang Lebih Besar


Para pelaku bisnis haarus memiliki pikiran yang menyeluruh untuk membantu berjalannya perusahaan dengan menunjang performa dan memiliki dampak positif bagi perusahaan. Pada tahun ini juga, bisnis akan menghadapi beberapa tren teknologi digital yang muncul" Dikutip infokomputer.grid.id, Jum'at (13/October/2023).


IBM mengungkapkan lima trend teknologi bisnis terkini yang mendefinisikan trend teknologi tahun 2023. Dengan fokus pada inovasi, kecerdasan buatan, dan teknologi berkelanjutan, inilah apa yang dapat diharapkan dari dunia teknologi bisnis, 

Berikut diantarnya: 


Baca juga: Mendalami Software Aplikasi Downloader: Fungsi, Jenis, dan Keamanan


1. Otomatisasi Menyeluruh Untuk Bisnis.

IBM telah menjadikan otomatisasi sebagai sarana yang memiliki peran penting dalam dunia perkembangan bisnis.  


Dilansir infokomputer.grid.id (2/02) "Menurut Technology Leader, IBM Indonesia, Cin Cin Go, “Tercatat bahwa organisasi perlu beralih dari RPA dan otomatisasi berbasis aturan untuk menanamkan kecerdasan di berbagai proses dan tingkat penugasan. IBM percaya, organisasi perlu memulai dengan proses bisnis dan membayangkan kembali bagaimana proses tersebut dapat diterapkan secara optimal dengan mempertimbangkan teknologi yang tersedia.” 


Tentu dengan upaya tersebut dapat membantu bisnis mengatasi masalah kompleks seperti keamanan, dan pemodelan yang sebelumnya tidak dapat diselesaikan.


2. Keamanan Data dan Privasi Semakin Penting

Keamanan data dan privasi akan menjadi fokus utama dalam teknologi bisnis di tahun 2023.


IBM menyebutkan bahwa masih banyak perusahaan yang tidak meyakini adanya data mereka sendiri. Banyak dari perusahaan yang mengukur data dengan buruk, ada sebanyak 60% orang yang tidak menyadari kerugian dari data, dapat diperkirakan hingga rata-rata US$15 juta per tahun.


Untuk itu hal yang harus dilakukan perusahaan yaitu membuat fondasi data dengan pengembangan teknologi keamanan mutakhir untuk melindungi data sensitif dan mengurangi risiko peretasan. Kecerdasan Buatan (AI).


Baca juga: 6 rekomendasi AI Logo Generator Untuk Pemilik Bisnis


3.Teknologi Berkelanjutan Dalam Bisnis

Pasca-pandemi banyak yang memanfaatkan teknologi untuk bekerja dari rumah (remote), atau dapat dikatakan hybrid. Dalam era teknologi yang semakin berkembang, IBM meyakinkan perusahaan untuk mengikuti peningkatan jumlah insiden keamanan siber melalui penggunaan AI atau otomatisasi. 


IBM menegaskan kebutuhan bisnis untuk berfokus pada teknologi berkelanjutan. Solusi seperti cloud computing berbasis energi terbarukan dan teknologi hemat energi akan menjadi faktor penting dalam strategi bisnis.


4. Keberlanjutan Dalam Bisnis

Cin Cin Go menjelaskan" Skala data yang perlu dikumpulkan perusahaan harus mengggunakan teknologi yang lebih canggih. IBM percaya bahwa teknologi seperti otomatisasi dapat memberikan kemampuan kepada organisasi dan perusahaan untuk mendapat lebih sedikit input untuk menghasilkan apapun yang mereka tawarkan". Dikutip infokomputer.grid.id, Jum'at (13/10/2023) 


IBM memperkirakan bahwa kecerdasan buatan akan semakin meresap ke dalam bisnis di seluruh dunia. Dalam tahun 2023, perusahaan akan mengadopsi AI untuk memperkuat analisis data, otomatisasi proses bisnis, dan pelayanan pelanggan yang lebih baik.


5. Transformasi Digital untuk Masa Depan

Transformasi digital akan terus menjadi tren utama dalam bisnis di tahun 2023. Bisnis akan terus berinvestasi dalam IoT untuk mengoptimalkan operasi dan mengumpulkan data yang lebih banyak untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas.


Baca juga: Pebisnis Harus Tau Manfaat Menggunakan Business Intelligence!


IBM, dengan komitmen terhadap inovasi dan pengembangan teknologi bisnis, mendukung perusahaan-perusahaan dalam mengikuti tren ini. Dalam beberapa tahun mendatang, perusahaan diharapkan untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam strategi bisnis mereka untuk mempertahankan daya saing dan menciptakan kesempatan baru.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Konvensional dan Teknologi Modern

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Oktober 13, 2023 2:32 PM
Logo Mogi