Bagikan :
clip icon

10 Jurusan IT Paling Dicari oleh BUMN di Indonesia: Peluang Karir Menjanjikan di Dunia Teknologi

Morfotech Indonesia
foto : Screenshot BUMN.go.id

Jakarta, Morfotech Indonesia_Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia semakin mengejar inovasi teknologi dengan cepat, tentu hal tersebut juga harus didukung oleh sumber daya yang ahli pada bidang IT untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. 


Untuk itu lulusan IT sangat dicari, karena dianggap dapat mengembangkan dan mengelola program, hingga membuat website serta aplikasi yang dapat menumbuhkan perkembangan teknologi untuk kebutuhan negara.


Baca juga: IBM Ungkap 5 Tren Teknologi Bisnis Terkini di 2023


Berikut adalah 10 jurusan IT yang sedang banyak dicari oleh BUMN di Indonesia:


1. Sistem Informasi: Jurusan ini mempersiapkan para mahasiswa untuk mengelola sistem informasi yang efisien dan efektif dalam organisasi BUMN.


2. Teknik Informatika: Lulusan jurusan ini memiliki pemahaman yang kuat tentang  perangkat keras komputer dan perangkat lunak, jaringan komputer, sistem informasi yang sangat dibutuhkan dalam industri teknologi. Dapat bekerja sebagai software engineer, network engineer, atau system analyst.


Baca juga: Mengembangkan Usaha dengan Sistem Kasir Online yang Efisien: Menuju Kesuksesan yang Lebih Besar


3. Teknik Komputer: Jurusan Teknik Komputer memiliki pengalaman dalam merancang, membangun, dan memelihara perangkat keras komputer dan sistem tertanam. sehingga sudah pasti ahli dalam bidang elektronik, mikrokontroler, robotika dan sistem operasi yang dibutuhkan dalam BUMN


4. Teknik Elektro: Lulusan Teknik Elektro memiliki keterampilan dalam elektronika dan pandai dalam merangkai listrik serta bidang telekomunikasi dan mengontrol sistem elektronik. Lulusan ini juga ahli dalam bidang hitung-menghitung seperti bidang matematika dan fisika yang mengarah dalam magnetisme, listrik, dan elektromagnetisme. 


Baca juga: 10 Aplikasi Kompres File untuk Mempermudah Pengiriman File


5. Teknik Telekomunikasi: Teknik Telekomunikasi ini merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana merancang, mengimplementasikan, dan mengelola sistem komunikasi jarak jauh dengan gelombang elektomagnetik.


6. Ilmu Komputer: Ilmu Komputer adalah salah satu jurusan yang sangat dibutuhkan di BUMN karena lulusan ilmu komputer bisa masuk dibeberapa perusahaan. Pada jurusan Ilmu Komputer ini mempelajari bagaimana menggunakan konsep-konsep matematika pada bidang komputasi. 


7. Keamanan Siber: Pada jurusan Keamanan Siber ini mempelajari bagaimana manajemen risiko keamanan siber, dan sebagai analyst data security


Baca juga: Kemenkominfo Tegaskan Siap Blokir Akses Judi Online Kurang dari 24 Jam


8. Desain Grafis: Desain Grafis sangat dibutuhkan dalam membantu menciptakan graphic designer, web designer, atau multimedia designer. Dalam era digital, keamanan informasi sangat penting, dan BUMN mencari ahli keamanan informasi untuk melindungi data mereka.


9. Game Development: Jurusan ini mempelajari tentang pengembangan game dan animasi. Biasanya di cari untuk bekerja sebagai designer grapic, web designer, atau multimedia designer. 


10. Data Science: Data Science memungkinkan analisis data yang canggih dan berkontribusi pada pengambilan keputusan yang lebih cerdas dalam BUMN.


Baca juga: Pebisnis Harus Tau Manfaat Menggunakan Business Intelligence!


Dengan pertumbuhan pesat IT dan transformasi digital, peluang karir di bidang ini semakin dicari untuk BUMN di Indonesia. Mahasiswa yang memilih jurusan-jurusan ini memiliki prospek karir yang bagus dan dapat memberikan kontribusi berharga bagi pembangunan teknologi di negara ini. 


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Persiapan Pendukung Untuk Membuat Aplikasi

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id




Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Oktober 16, 2023 10:48 AM
Logo Mogi