Bagikan :
clip icon

Ini Yang Ditunggu, Kini Windows Bisa Buka File RAR Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Setelah tiga dekade, Windows 11 akan segera menyediakan dukungan bawaan untuk file berformat RAR (.rar). Yang artinya pengguna akan bisa membuka file RAR langsung di PC tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan, seperti WinRAR.


Baca juga: Google Akan Hapus Masal Akun Yang Sudah Tidak Aktif Lagi


Berita ini muncul saat acara Microsoft Build 2023, bahwa Microsoft berencana untuk untuk menambahkan dukungan untuk format file RAR di Windows 11, dimana diumumkan langsung oleh Chief Product Officer Windows, Panos Panay.


Dilansir kompas.com "Kami telah menambahkan dukungan bawaan untuk format arsip tambahan, termasuk tar, 7-zip, rar, gz, dan banyak lainnya menggunakan proyek sumber terbuka libarchive," ditulis panos di sebuah postingan di blog Windows (24/5).


Baca Juga: Google Resmi Merilis Saingan ChatGPT


Microsoft menyatakan bahwa dukungan untuk file RAR dan format lainnya akan disertakan dalam pembaruan Windows 11 di akhir minggu ini.


Apa itu file RAR?  


RAR adalah format arsip yang digunakan untuk mengkompres data. file RAR dapat disebut sebagai wadah dari file lain yang ada didalamnya. Dengan format data RAR, Pengguna akan dengan mudah mengurangi ukuran file dan mempercepat transfer data.


Baca juga: Google Search Dikabarkan Akan Gunakan Fitur AI


Format RAR pertama kali dikenalkan sekitar tahun 1993, namun sayangnya Microsoft tidak menyediakan dukungan bawaan untuk file RAR di Windows pada saat itu. Dan sekitar tahun 1995 file RAR mulai didukung di Windows berkat program WinRAR.


Selama 28 tahun terakhir, akhirnya WinRAR menjadi salah satu program pihak ketiga yang terpopuler yang dapat diunduh dan diinstal oleh penggunanya. Program WinRAR ini merupakan program berbayar, namun pengguna diberikan kesempatan masa percobaan awal secara gratis selama 40 hari.


Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Konvensional dan Teknologi Modern


Dan setelah 30 tahun sejak kemunculan file RAR atau 28 tahun setelah WinRAR hadir, Microsoft akhirnya mengumumkan bahwa Windows 11 akan mendukung file RAR, 7-zip, dan GZ. Informasi ini didapat dari tulisan blog Windows, Senin (29/5/2023).


Nah siapa nih yang biasa gunain RAR untuk menyimpan file supaya ukuran filenya tidak terlalu besar. Pasti dengan informasi terbaru ini kalian akan sangat terbantu karena sekarang sudah dapat buka file RAR di Windows 11.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP)




Baca juga: Persiapan Pendukung Untuk Membuat Aplikasi


Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech Creative Team
Senin, Mei 29, 2023 2:09 PM
Logo Mogi