Bagikan :
clip icon

Hapus Akun Di Google, Cek Manfaat Untuk Pengguna

Morfotech
foto : www.canva.id

Jakarta, Morfotech Indonesia - Dikabarkan bahwa Google mewajibkan pengguna untuk pengembangan aplikasi dengan menyediakan opsi penghapusan akun yang dilakukan via fitur khusus.


Aplikasi “readily discoverable option” berfungsi untuk menghapus akun, baik diaplikasi tersebut maupun di web


Dalam unggahan blog google pada Rabu (5/4), perusahaan mengatakan perubahan tersebut diberikan untuk pengguna “kejelasan dan kontrol yang lebih besar atas data dalam aplikasi mereka. 


Baca juga: Instagram keluarkan fitur terbaru

“Untuk aplikasi yang memungkinkan pembuatan akun aplikasi, pengembangan harus segera menyediakan opsi untuk memulai penghapusan akun dan data dari dalam aplikasi web,” ungkap keterangan Google.


“Persyaratan web ini, yang akan anda tautkan dengan formulir keamanan data, sangat penting agar pengguna dapat meminta penghapusan akun dan data tanpa harus menginstal ulang aplikasi” pernyataan lanjutannya


Google juga berencana ingin menambahkan fitur ini ke Google Play Store yang akan menautkan pengguna ke alamat web untuk menghapus akun.


Ada beberapa peringatan pada kebijakan yang harus diperhatikan untuk pengembangan. Secara eksplisit dikatakan bahwa Google membiarkan penggunanya untuk menonaktifkan atau membekukan akun untuk sementara. 


Akan tetapi, hal tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi segala persyaratan, dan pengembangan dapat dilakukan ketika pengguna menghapus data mereka dengan akunya, kecuali mereka memiliki alasan yang sah untuk menyimpannya. 


Baca juga: KTP Digital Sudah Mulai Diaktifkan! Ketahui Perbedaan E-KTP dan KTP Digital.

Dengan adanya perubahan yang signifikan, penerapan tersebut tidak akan langsung resmi berlaku, menurut laporan yang diberikan dari Engadget.


Perusahaan Google mengatakan “langkah awal yang harus dilakukan adalah mengharuskan pengembangan untuk menambahkan lebih banyak informasi tentang praktik penghapusan data mereka pada 7 Desember menggunakan formulir keamanan data Google yang ada”


Pengguna juga dapat melihat bagaimana aplikasi menangani penghapusan akun dan data “awal tahun depan”, meskipun pengembangan akan dapat perpanjangan hingga 31 Mei 2024. 


Dikutip dari The Verge, Google bukanlah perusahaan pertama yang menerapkan persyaratan semacam ini. Perusahaan Apple mengumumkan kebijakan serupa pada Oktober 2021 dan mulai berlaku pada Juni 2022. 


Aturan App Store mempunyai persyaratan dan peringatan yang sama, meskipun tidak menegaskan bahwa pengguna juga dapat menghapus akun mereka melalui web. Baca informasi-informasi terupdate di blog Morfotech.id



Baca juga: Beberapa Manfaat Menghapus Akun Google!

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech Creative Team
Kamis, April 6, 2023 5:53 PM
Logo Mogi