Bagikan :
clip icon

Cara Batasi Waktu Main Ponsel Lewat Screen Time di iPhone

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta Morfotech Indonesia_Segala aktivitas sudah didukung dengan smartphone, tak heran jika ponsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, tetapi terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain ponsel bisa menjadi masalah serius. Untungnya, Apple telah menyediakan solusi yang mudah digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan fitur Screen Time yang ada di iPhone.


Screen Time adalah alat yang dirancang untuk membantu pengguna iPhone mengendalikan dan memantau waktu yang dihabiskan di perangkat mereka, termasuk bermain game, menjelajah media sosial, atau menggunakan aplikasi lainnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur batasan waktu harian, memantau aktivitas ponsel, dan bahkan mengatur waktu tidur untuk mencegah gangguan malam.


Baca juga: Cara Melihat Insight X di Twitter


Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk memanfaatkan fitur Screen Time di iPhone Anda:


1. Buka "Setting" di iPhone Anda.

2. Scroll ke bawah dan masuk "Screen Time."

3. Pilih "Turn On Screen Time" (Aktifkan Screen Time) diikuti dengan Continue (Lanjutkan).

4. Pengguna akan diminta persetujuan, apakah iPhone tersebut milik sendiri atau iPhone yang digunakan oleh anak.

5. Screen Time pun aktif dan akan mulai memantau penggunaan iPhone Anda.


Apabila pengguna ingin mengatur kode kunci untuk mengatur Screen Time, Pengguna dapat kembali ke "Setting" > "Screen Time", scroll ke bawah dan ketuk "Use Screen Time Passcode".


Lalu, Anda dapat mengatur kode kunci empat karakter yang berbeda sesuai dengan yang pengguna inginkan. Pengguna bisa memasukkan kode tersebut untuk mengatur waktu pembatasan yang dipilih.


Pengguna dapat melihat data Screen Time pada menu setting dan ketuk "See All Activity" untuk membuka keseluruhan laporan status Screen Time iPhone Anda. 


Baca juga: Beberapa Produk Apple yang di Rilis di Tahun 2023


Langkah-langkah untuk Atur Batasan Penggunaan Aplikasi Tertentu di Iphone:


Apabila pengguna ingin membatasi penggunaan aplikasi-aplikasi tertentu, yang dirasa sudah terlalu over time memainkannya. Anda dapat langsung membatasinya. Berikut langkah-langkah untuk mengatur waktu maksimal penggunaan aplikasi:


1. Masuk ke "Setting" > "Screen Time".


2. Ketuk "App Limits" dan tambahkan "Add Limit" (di sini Anda dapat memasukkan aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin dibatasi maksimal waktu penggunaannya).


3. Setelah mengetuk menu "Add Limit", kamu akan mendapati daftar kategori yang tersedia, pilih kategori yang ingin ditetapkan batasannya. Contoh: Apabila Anda ingin memilih aplikasi Instagram, Maka Anda bisa pilih kategori "Social". Lalu, setelah itu pilih Instagram dan tekan "Next". Atau Anda ingin memilih semua aplikasi di kategori "Social" untuk dibatasi, pilih kategori tersebut lalu tekan"Next".


4. Atur batasan waktu yang diinginkan. Misalnya kamu hanya ingin membuka aplikasi-aplikasi di kategori "Social" maksimal 2 jam sehari, pilih durasi misalnya 2 jam, kemudian tekan "Add".


5. Nantinya semua aplikasi yang dibatasi penggunaannya oleh "Screen Time" akan dihitung penggunaannya oleh perangkat. Durasi layar akan mengingatkan pengguna tiap kali mereka mendekati batas pemakaian harian untuk aplikasi-aplikasi tertentu.


Baca juga: Cara Update iOS Bisa Melalui OTA atau iTunes


Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengendalikan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk bermain ponsel dan mengurangi gangguan yang tidak perlu. Screen Time juga menyediakan insight berharga tentang cara Anda menggunakan perangkat Anda, membantu Anda mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengelola waktu Anda dengan lebih efisien.


Dengan fitur Screen Time yang powerful dan mudah digunakan, iPhone Anda tidak hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga alat yang membantu Anda tetap fokus pada tugas-tugas penting dalam keseharian Anda. Dengan pengaturan yang sesuai, Anda dapat mencapai keseimbangan yang sehat antara teknologi dan kehidupan sehari-hari Anda.


Baca juga: Mark Zuck Jual Centang Biru Verified, Tak Mau Kalah Dengan Elon Musk!


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Apple Watch 9 dengan Fitur Canggih "Cubit" Segera Dirilis: Revolusi Baru dalam Teknologi Wearable

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id










Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, November 7, 2023 10:54 AM
Logo Mogi