Bagikan :
clip icon

Waspada Penipuan Berkedok File PDF

Morfotech Indonesia
foto : Sumber: Bi.go.id

Jakarta Morfotech Indonesia_Penipuan berkedok file PDF semakin menjadi ancaman yang serius di era digital saat ini. Dengan semakin banyaknya dokumen yang dibagikan melalui format PDF, para penipu cenderung memanfaatkannya untuk mencuri informasi pribadi atau mengecoh orang dengan dokumen palsu.


Baca juga: Sepuluh Rekomendasi Tools yang Harus AI Engineer Punya


Modus penipuan file PDF dilakukan melalui berbagai cara, seperti modus kurir paket, undangan pernikahan, surat tilang elektronik dan banyak lagi. Modus yang sama juga digunakan dengan mengirimkan file berbentuk PDF. 


Setelah diklik, calon korban otomatis memberikan izin akses untuk beberapa aplikasi yang membuat pelaku bisa mencuri data rahasia dari smartphone calon korban. 


Baca juga: Ingin Tingkatkan Grafis Komputer? Ini 7 GPU NVIDIA Gaming Terbaik Tahun 2023


Dikutip dari liputan6.com, berikut adalah cara untuk mengenali perbedaan antara file PDF asli dan yang palsu serta menghindari jebakan penipuan file PDF


1. File APK berkedok PDF palsu tidak memiliki tampilan dokumen, sedangkan yang asli terlihat tampilan dokumen yang dikirimkan.


2. Logo file pdf seharusnya memiliki logo berwarna putih bertuliskan PDF font merah.


3. File PDF palsu tidak memiliki detail dokumen seperti jumlah halaman, jenis file dan biasanya berukuran besar, sedangkan file PDF asli memiliki detail yang lebih rinci.


4. Jika ragu membuka file PDF, gunakan aplikasi pembaca file PDF seperti Adobe Acrobat.


Baca juga: Cara Membuat Poster Disney Pixar via Bing Image Creator yang Viral di Medsos


Ketika Anda mendapatkan pesan WhatsApp, dengan contoh pesan yang bertuliskan menawarkan pembelian barang dan membuat list daftar barang yang ingin di pesan dalam bentuk file PDF, jangan langsung untuk di buka. Periksa Sumber Asal Dokumen, saat menerima file PDF melalui email atau tautan, pertama-tama periksa sumbernya. Pastikan Anda mengenal pengirim atau organisasi yang mengirimkan dokumen tersebut. Waspadai email atau tautan dari sumber yang tidak dikenal.


Ketika berurusan dengan file PDF, berhati-hati adalah kunci. Selalu waspada terhadap potensi penipuan dan pelajari cara membedakan antara file PDF asli dan yang palsu. Dengan langkah-langkah perlindungan ini, Anda dapat menjaga diri Anda dari ancaman penipuan yang berkedok file PDF di dunia digital yang semakin kompleks. 


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Mati tapi Lampu Indikator Nyala

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id










Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, November 6, 2023 3:12 PM
Logo Mogi