Bagikan :
clip icon

7 Cara Mengatasi Laptop Mati tapi Lampu Indikator Nyala

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Jika laptop Anda mengalami masalah di mana lampu indikator tetap menyala tetapi layar mati atau laptop tidak merespon, Anda mungkin merasa bingung.


Biasanya masalah tersebut muncul dikarenakan pada komponen hardware laptop, layar laptop, atau bisa juga dari baterai bahkan juga dapat disebabkan dari sistem operasi laptop yang bermasalah.


Baca juga: Cara Meningkatkan Keamanan dan Privasi di Windows 11: Tips Penting untuk Pengguna


Namun, jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalahnya, sebelum Anda membawa laptop Anda ke tukang servis. Berikut adalah 7 cara mengatasi laptop yang mati tapi lampu indikator menyala:


Baca juga: Cara Membagi Layar Laptop Menjadi Dua untuk Windows dan MacBook


1. Coba Untuk Restart Laptop

Pada saat laptop Anda mengalami masalah dengan kondisi layar mati tapi lampu indikatornya menyala hal yang harus Anda lakukan yaitu dengan mencoba 

untuk memaksanya restart dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga laptop mati, lalu hidupkan kembali. Hal ini dapat membantu dalam mengatasi masalah sementara yang mungkin terjadi karena gangguan perangkat lunak.


2. Periksa Kondisi Baterai

Jika laptop Anda memiliki baterai yang dilepas, lepaskan baterai, bersihkan konektor, dan diamkan beberapa menit, lalu hubungkan kembali. Setelah itu coba hidupkan laptop dengan menekan tombol power. Terkadang masalah dengan baterai dapat menyebabkan masalah seperti ini. Namun, langkah ini hanya dapat dilakukan untuk laptop yang kondisi baterai, dapat dilepas-pasang.


3. Cek Masalah Layar

Saat kondisi layar laptop Anda mati, tetapi masih ada bunyi mesin laptop, maka cobalah untuk membawa laptop Anda ke ruangan yang gelap. Dan ketika laptop masih dalam keadaan tidak menyala, pastikan kabel fleksibel laptop terhubung dengan baik ke laptop dan sumber listrik. Periksa juga apakah adaptor daya berfungsi dengan baik. Karena terkadang, masalah ini mungkin disebabkan oleh kabel yang lepas atau adaptor yang rusak.


Jika layar tetap hitam, tetapi lampu indikator laptop menyala, ada kemungkinan masalah pada layar atau kartu grafis. Coba sambungkan laptop ke monitor eksternal untuk memeriksa apakah masalahnya terbatas pada layar laptop.


Baca juga: Panduan Praktis: Cara Mengisi Daya Laptop dengan Benar


4. Aktifkan Safe Mode

Dengan mengaktifkan safe mode pada laptop Anda, dapat mengatasi masalah yang terdapat pada layar laptop. Umumnya safe mode merupakan salah satu cara diagnostik yang ada pada laptop.


5. Periksa RAM

Random Access Memory (RAM) yang terdapat pada laptop berfungsi untuk menyimpan data yang diperlukan oleh laptop untuk dapat menjalankan aplikasi yang terdapat pada laptop.


Untuk itu ketika laptop anda mengalami kendala, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan pada RAM. Karena gangguan yang menyebabkan laptop mati dapat disebabkan karena kinerja RAM yang menumpuk oleh debu dan kotoran. 


Buka tutup belakang laptop dan periksa slot RAM. Mungkin ada masalah dengan salah satu modul RAM. Cobalah untuk mengganti posisi atau menggantinya jika perlu.


6. Cek VGA

Video Graphics Adapter (VGA) juga dapat menjadi penyebab laptop Anda mati tapi keadaan lampu indikator tetap menyala. VGA sendiri berfungsi untuk penerjemah tampilan pada layar monitor laptop. Untuk melakukan pengecekan VGA diperlukan tools dan kemampuan dalam menganalisisnya.


7. Cek Kabel

Lakukan pengecekan pada kabel yang terdapat di setiap komponen laptop. Untuk melakukannya, Anda harus membongkar laptop dan memeriksa setiap kabel. Pastikan tidak ada kabel yang terputus atau terbakar. 


Baca juga: Mendalami Software Aplikasi Downloader: Fungsi, Jenis, dan Keamanan


Jika setelah mencoba langkah-langkah di atas masalah masih belum teratasi, disarankan untuk menghubungi servis komputer profesional. Disarankan untuk menghindari penggunaan laptop yang berlebihan dalam jangka waktu lama.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Mengenal Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Oktober 31, 2023 10:03 AM
Logo Mogi