Bagikan :
clip icon

Ternyata Threads Instagram Beda Dengan Twitter!

Morfotech Indonesia
foto : indotimes.net

Jakarta, Morfotech Indonesia_Threads Instagram milik Meta Mark Zuckerberg hingga kini masih disebut-sebut sebagai pesaing Twitter milik Elon Musk. Persaingan antara keduanya untuk mendominasi pasar sosial media masih dipermasalahkan hingga saat ini, dikarenakan Threads memiliki beberapa fitur yang hampir mirip dengan Twitter. 


Baca juga: Akhirnya Meta Resmi Merilis Aplikasi Threads Mirip Twitter!


Perbedaan anatara Threads dan Twitter 

1. Cara akses

Dimulai dari langkah awal untuk menggunakan aplikasi tersebut sangat berbeda, karena Twitter dapat di akses dengan berbagai cara, contohnya melalui situs twitter.com, aplikasi Twitter dan aplikasi pihak ketiga lainnya. Sementara untuk aplikasi Threads hanya dapat diakses melalui aplikasi Threads yang telah di unduh dari Google Play Store dan App Store. 


2. Username

Pada aplikasi Twitter, pengguna dapat membuat account dengan nama pengguna (username/handle) sesuai dengan yang diinginkan pemilik account, contoh @Morfotechid. Dan untuk pengguna Threads hanya dapat mengimpor akun yang sudah dibuat melalui aplikasi instagram. Yang dimana pengguna tidak dapat mengganti username dan membuat akun baru di aplikasi Threads. Hal tersebut terjadi karena aplikasi Threads hadir dengan nama Instagram (Threads an Instagram App). Namun untuk bergabung akan lebih mudah dengan bantuan username Instagram, untuk lebih jelas cara gabungnya kalian dapat klik link https://morfotech.id/blog/morfogenesis-Ini-Cara-Download-dan-Gabung-Dengan-Aplikasi-Threads


3. Dominasi Tampilan Warna

Dari segi perbedaan yang paling mencolok yaitu warna, aplikasi Threads di dominasi dengan warna hitam dan putih. Sedangkan aplikasi Twitter sangat identik dengan warna biru. 


4. Jumlah Karakter 

Perbedaan jumlah karakter pada setiap postingan pada kedua aplikasi tersebut sangat berbeda. Untuk aplikasi Twitter pengguna hanya memiliki limit 280 karakter untuk setiap twit. Sedangkan aplikasi Threads mendapatkan limit hingga 500 karakter untuk setiap satu postingan yang dibuat. 


5. Media di Postingan

Tampilan media yang terdapat pada awal saat ingin membuat postingan juga memiliki perbedaan. Untuk aplikasi Twitter pengguna tidak hanya dapat memasukan teks, namun juga dapat mengunggah foto, video, gif, polling, dan juga lokasi. Sedangkan aplikasi Threads untuk saat ini hanya memungkinkan pengguna untuk memposting teks, video, dan foto saja. Namun keduanya memiliki opsi yang sama, yaitu "everyone can replay" (semua orang bisa membalas), "People you follow" (Orang yang diikuti), dan "only people you mention" (hanya orang yang disebutkan).


6. Opsi untuk edit

Untuk bagian opsi edit, aplikasi Twitter sudah memiliki fitur untuk mengedit postingan, apabila dalam postingan tersebut ada kesalahan, maka pengguna dapat menggunakan fitur edit untuk memperbaiki postingan tersebut. Namun untuk Threads saat ini belum ada fitur edit, sehingga hanya dapat melakukan "delete post" bagi pengguna yang merasa postingannya ada yang salah.


7. Halaman Profil

Pada halaman profil Twitter, pengguna bisa melihat beragam informasi mulai dari gambar header, foto profil, nama, handle, bio, jumlah follower/following, twit, balasan (replies), media (foto/video yang diunggah), tanggal bergabung Twitter, hingga like (twit yang disukai). Sementara halaman profil milik aplikasi Threads pengguna bisa melihat nama, username domain, bio, jumlah followers, postingan threads, serta replies saja. Pengguna juga bisa menemukan ikon Instagram. Bila di-klik, pengguna akan dialihkan ke profil Instagram milik pengguna tersebut.


8. Mengirim Direct message (DM)

Pengguna Twitter bisa mengirim pesan langsung lewat direct message (DM), baik ke orang yang di-follow atau tidak. Sementara Threads belum memiliki opsi DM untuk mengirim pesan secara privat.


Baca juga: Begini Cara Voice Note di DM Twitter


Meskipun kedua platform Twitter dan Threads mempunyai perbedaan utama dalam fungsi dan konteks penggunaan. Twitter cenderung lebih publik dan memungkinkan pengguna untuk berbagi pesan dengan audiens yang lebih luas, sementara Instagram Threads lebih fokus pada percakapan pribadi dan komunikasi antara pengguna yang lebih terbatas. Terlepas dari perbedaan ini, kedua fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dalam bentuk serangkaian pesan terkait.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).








Baca juga: Lupa Password Instagram, Ini Adalah Cara Untuk Melihat Password Instagram !

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Kamis, Juli 13, 2023 3:32 PM
Logo Mogi