Bagikan :
clip icon

Mengetahui Peran Penting Internet Service Provider (ISP) dalam Kehidupan Digital

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Di era digital yang terus berkembang, akses internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Bagi banyak orang, koneksi internet adalah pintu gerbang untuk mendapatkan informasi, hiburan, komunikasi, dan bisnis dapat berjalan dengan lancar. 


Namun, tahukah anda bahwa ada pemeran yang berperan penting dalam menyediakan akses internet tersebut, yaitu Internet Service Provider (ISP).


Baca juga: Panduan Praktis: Langkah-langkah Browsing di Internet dengan Aman dan Efisien


Apa itu ISP (Internet Service Provider)? 

  

ISP adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan akses internet ke pengguna akhir, baik melalui koneksi kabel, nirkabel, atau serat optik. Mereka berfungsi sebagai penghubung antara perangkat pengguna dengan jaringan internet global. Tidak hanya itu, ISP juga merupakan layanan pemeliharaan infrastruktur internet. 


Dan untuk dapat mengakses ISP, Anda perlu perangkat tambahan modem atau router yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet dari ISP ke gadget. ISP pun memiliki berbagai jenis tergantung layanan yang digunakan. 


Baca juga6 Macam Perangkat Keras Terbaik untuk Mengakses Internet di Komputer


Berikut ini adalah beberapa Jenis ISP:


1. Dial-Up


Dial-Up merupakan koneksi yang diberikan pada ISP dengan menggunakan sambungan kabel di telepon rumahan konvensional. Jika dibandingkan lainnya, Dial-Up memiliki kecepatan jaringan paling lambat yaitu hanya sekitar 56 Kbps.


Sementara itu, kalau ingin menggunakan internet service provider jenis Dial-Up, Anda harus memiliki telepon rumah terlebih dahulu. Karena menjadi satu dengan telepon, Dial-Up tidak bisa digunakan ketika sedang ada panggilan.


2. DSL


Jenis ISP selanjutnya adalah digital subscriber line (DSL). Ini merupakan ISP yang disambungkan dengan telepon rumah menggunakan broadband. Untuk kecepatannya, DSL lebih unggul jika dibandingkan dengan Dial-Up yaitu kisaran 200 Kbps sampai 8 Mbps.


Perlu Anda ketahui jika broadband dapat mengirim koneksi dengan sambungan kabel tembaga dan fiber optic. Selain itu, broadband juga bisa menyambungkan jaringan secara nirkabel untuk seluler.


Jaringan kabel biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan broadband ke perangkat seperti modem maupun router. Jika kabel sudah disambungkan dengan menggunakan modem, Anda tidak harus punya telepon rumah.


3. TV Kabel


TV kabel merupakan jenis lainnya yang dihasilkan dari sambungan TV kabel. Cara kerjanya seperti DSL, yaitu sambungan untuk TV kabel sudah menggunakan broadband. Untuk jaringan penghantar, TV kabel umumnya menggunakan kabel fiber optic.


Selanjutnya kabel akan disambungkan pada modem maupun router sehingga koneksi internet dapat menyebar dalam perangkat. Jika dibandingkan internet service provider DSL yang menggunakan kabel tembaga, TV kabel cenderung lebih stabil.


Sedangkan untuk kecepatannya, TV kabel cukup baik dengan lebih dari 8 Mbps. Pengguna juga tidak harus punya TV kabel jika ingin menikmati internet, selama lokasi masih terjangkau dengan sambungan dari perangkat.


4. Koneksi Satelit


Selanjutnya menggunakan satelit komunikasi luar angkasa menggunakan broadband. Anda harus punya parabola yang kemudian akan menyebarkan internet ke berbagai perangkat dengan jangkauan lebih luas.


5. Jaringan Seluler


Terakhir adalah jaringan seluler yang terhubung dengan perangkat Anda sehingga kamu bisa mengakses koneksi internet. Untuk dapat menggunakannya, Anda harus punya paket data yang tersedia dari ISP sehingga tidak membutuhkan akses internet.


Untuk dapat mengakses koneksi internet pada jaringan 4G atau 5G, Anda harus memiliki paket data internet yang sudah disediakan oleh ISP. Apabila sudah berlangganan, maka Anda tidak perlu menggunakan sambungan kabel untuk menggunakannya. 


Baca juga: MediaTek Memperkenalkan WiFi 7 dan Chip Genio 700 untuk Smart Home


Dilansir kompas.com (12/03/2023) "Untuk mendapatkan akses internet melalui ISP, Anda perlu menghubungi langsung pihak perusahaan dan melakukan pembelian internet sesuai yang Anda butuhkan." Ada beberapa Contoh ISP di Indonesia yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 


  1. Biznet
  2. Telkom Indonesia 
  3. First Media 
  4. MNC Play 
  5. D-Net 
  6. GMedia 
  7. PadiNet 
  8. Indosat Ooredoo 
  9. XL Axiata 
  10. Telkomsel


Baca juga: Cegah Kebocoran Wi-Fi dengan Langkah-Langkah Efektif


Dengan peran pentingnya dalam memungkinkan konektivitas internet, ISP terus berperan dalam memfasilitasi kehidupan digital kita. Dengan kemajuan teknologi, diharapkan ISP akan terus meningkatkan layanan dan kecepatan internet untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin berkembang dalam dunia digital.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Mengenal Manfaat Jaringan 5G, Tantangan, Dampaknya Bagi Kehidupan Sehari-hari

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Rabu, Oktober 25, 2023 10:49 AM
Logo Mogi