Bagikan :
clip icon

6 Macam Perangkat Keras Terbaik untuk Mengakses Internet di Komputer

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Di era teknologi yang semakin berkembang, banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan komputer. Dan tentunya internet adalah alat bantu untuk mengakses berbagai macam perangkat keras. 


Internet telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk mengaksesnya dengan lancar di komputer Anda, penting untuk memiliki perangkat keras yang sesuai. Ada berbagai perangkat keras yang dapat membantu Anda menjelajah internet dengan kecepatan dan keamanan yang maksimal. 


Baca juga: Cara Meningkatkan Keamanan dan Privasi di Windows 11: Tips Penting untuk Pengguna


Inilah 6 macam perangkat keras untuk mengakses internet dan fungsinya:


1. WiFi Card

WiFi Card adalah perangkat keras yang terpasang di dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya, seperti laptop atau smartphone. Fungsinya adalah untuk mengaktifkan koneksi nirkabel ke jaringan Wi-Fi, yang memungkinkan perangkat tersebut untuk terhubung ke internet atau jaringan lokal tanpa perlu kabel fisik. Wi-Fi card bekerja dengan mengirim dan menerima sinyal nirkabel, memproses data, dan menjaga koneksi ke jaringan Wi-Fi, membuat pengguna dapat menjelajah web, mengakses sumber daya jaringan, dan berkomunikasi secara nirkabel.


2. Ethernet Card

Ethernet Card adalah perangkat keras yang terpasang motherboard di dalam CPU komputer untuk menghubungkan perangkat tersebut ke jaringan kabel Ethernet.

Fungsinya adalah untuk tempat untuk menyambungkan kabel dari router atau modem ke komputer. Data digital yang diproses oleh komputer menjadi sinyal yang dapat dikirim melalui kabel Ethernet ke perangkat lain dalam jaringan, seperti router atau switch.


3. Kabel Internet

Ada beberapa jenis kabel internet yang biasa digunakan, diantaranya yaitu kabel fiber optic dan kabel tembaga. Untuk kabel internet fiber optic biasanya ditemukan pada sambungan layanan TV kabel. Dan untuk kabel internet tembaga, biasanya dapat ditemukan pada sambungan layanan telepon rumah. 

Kabel internet adalah saluran fisik yang digunakan untuk mengantarkan sinyal internet dari penyedia layanan internet (ISP) ke rumah atau bisnis pengguna. Fungsinya adalah untuk mentransmisikan jaringan internet broadband ke perangkat router atau modem yang umum digunakan untuk menghubungkan komputer.


4. Router

Router adalah perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer untuk menghubungkan koneksi internet dari jaringan broadband ke komputer. Namun router sendiri hanya dapat terhubung ketika pengguna berlangganan layanan internet ke ISP. Biasanya jaringan internet broadband disambungkan dengan kabel tembaga maupun kabel fiber optic. 


Baca juga: MediaTek Memperkenalkan WiFi 7 dan Chip Genio 700 untuk Smart Home


5. Modem 

Modem adalah perangkat yang mengonversi sinyal dari penyedia layanan internet Anda menjadi sinyal yang dapat diterima oleh komputer Anda. Penggunaan modem harus menggunakan sambungan kabel yang dihubungkan ke port Ethernet untuk dapat mengakses internet di komputer. Pilih modem kabel atau DSL sesuai dengan jenis layanan internet Anda.


6. Handphone

Handphone juga merupakan salah satu perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet di komputer. Adanya fitur "tethering WiFi" yang terdapat pada  Handphone akan mempermudah Anda. Pada fungsi Handphone dengan fitur "tethering WiFi" tidak jauh beda dengan router karena dapat mentranfer jaringan internet dan membagikan ke komputer Anda. Sedangkan koneksi internet yang ada pada HP diperoleh dari pembelian paket data internet jaringan seluler. 


Baca juga: Mengenal Manfaat Jaringan 5G, Tantangan, Dampaknya Bagi Kehidupan Sehari-hari


Dengan menggunakan perangkat keras di atas, Anda dapat memastikan bahwa komputer Anda memiliki koneksi internet yang cepat, andal, dan aman. Pilih perangkat keras yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan nikmati pengalaman internet yang lebih baik.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Cegah Kebocoran Wi-Fi dengan Langkah-Langkah Efektif

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Oktober 23, 2023 10:33 AM
Logo Mogi