Bagikan :
clip icon

Mengenal Apa Itu Dark Web? Pengertian dan 7 Mitosnya

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dark web adalah bagian dari internet yang tidak dapat diakses melalui mesin pencari konvensional seperti Google atau Bing. Ini adalah segmen dari deep web, yang mencakup semua konten di internet yang tidak diindeks oleh mesin pencari. Untuk mengakses dark web, pengguna memerlukan perangkat lunak khusus seperti Tor (The Onion Router) yang menyembunyikan identitas pengguna dan lokasi mereka dengan mengenkripsi lalu lintas internet mereka melalui serangkaian server anonim.


Baca juga: Waspada Hacker! Serangan Ransomware Meningkat, Korban Terbanyak dari Sektor Ritel


Dark web sering kali disalah pahami sebagai tempat yang sepenuhnya ilegal, namun sebenarnya, ia memiliki berbagai kegunaan, baik legal maupun ilegal. Situs di dark web menggunakan domain dan hanya dapat diakses melalui browser yang mendukung Tor. Berikut adalah penjelasan dark web yang mencakup berbagai aspek:


1. Anonimitas dan Privasi

Salah satu kegunaan utama dark web adalah menyediakan anonimitas dan privasi bagi pengguna. Tidak hanya digunakan oleh pelaku kriminalitas namun juga oleh jurnalis, orang pemerintahan, advokat, hingga pegawai perusahaan internet seperti Facebook, DuckDuckGo, dan ProPublica. Penting untuk diketahui bahwa dark web sering disalah gunakan. "Studi menunjukkan bahwa 80% penggunaannya terkait dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakannya untuk berjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan lain-lain." dikutip idntimes.com, Rabu, (14/5/2024).


2. Tidak hanya digunakan sebagai kejahatan siber

Dark web tidak hanya digunakan sebagai kejahatan siber seperti yang ditakuti oleh orang-orang. Pada Dark web terdapat forum underground hacking, marketplace ilegal dan masih banyak lagi, meskipun begitu tidak semua kejahatan terjadi di dark web. Platform seperti SecureDrop di dark web memungkinkan whistleblower untuk mengirimkan informasi rahasia kepada organisasi media dengan aman.


3. Dapat diakses oleh siapapun

Dark web juga dikenal susah diakses, tersembunyi, rahasia, dan jauh dari internet. Namun ternyata dark web dapat diakses dengan menggunakan Tor Browser yang gratis. 


4. Mengakses dark web tidak selalu ilegal

Dalam hal ini dark web bukanlah sesuatu yang ilegal, Akan tetapi dark web menggunakan enkripsi (kata sandi) yang kuat sehingga situs layanan penggunaan tetap aman. Dilansir idntimes.com (14/5) "penggunaan enkripsi yang terlalu kuat itu dilarang. Contohnya adalah di Cina yang melarang penggunaan Tor Browser dan VPN. Lain halnya dengan di Amerika Serikat. Mengakses dark web sama legalnya dengan  mengakses clearnet. Namun, apa yang dilakukan di dalamnya bisa jadi ilegal. Misalnya, bila Anda membeli obat terlarang di dark web".


5. Privasi belum tentu aman

Dark web memang menggunakan enkripsi dan extension yang dapat meningkatkan privasi keamanan, namun bukan berarti privasi Anda dapat terproteksi dengan aman. Pada dark web terdapat banyak hacker, yang dapat dengan mudah mengunjung situs-situs tertentu.


6. Bagian kecil dari internet

Dark web merupakan bagian kecil dari internet, pada dark web terdapat 7 ribu hingga 30 ribu situs yang ada di dalamnya. Ini jumlah yang sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah situs di web biasa yang mencapai lebih dari satu miliar.


7. Kegunaan dari dark web

Kegunaan dari dark web sendiri Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak semua situs yang ada di dalam dark web itu buruk atau jahat. Di sana intel bisa melacak penjahat-penjahat internet, masyarakat Cina bisa mendiskusikan apa pun tanpa “proteksi” dari The Great Firewall, dan lain-lain. Dark web adalah bagian dari internet yang memiliki berbagai kegunaan yang berbeda, dari menyediakan anonimitas bagi aktivis hingga menjadi tempat bagi aktivitas ilegal.



Baca juga: Produksi Chip Akan Dilakukan! Korea Selatan Siapkan Dana Hingga Rp 112,5 Triliun


Memahami kegunaan dark web membantu mengklarifikasi mengapa segmen internet ini ada dan bagaimana ia dapat dimanfaatkan, baik untuk tujuan yang sah maupun tidak sah. Anonimitas yang ditawarkan oleh dark web sangat penting dalam berbagai konteks, tetapi juga menimbulkan tantangan bagi penegakan hukum di seluruh dunia.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Bocoran Terbaru: Apple Hadirkan Asisten AI ke Browser Safari dalam iOS 18

Butuh jasa pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Rabu, Mei 15, 2024 10:32 AM
Logo Mogi