Bagikan :
clip icon

Begini Ternyata Cara Kerja USB (Universal Serial Bus)!

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_USB (Universal Serial Bus) dapat didefinisikan sebagai sebuah perangkat konektor yang mempunyai peranan untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lain. USB digunakan secara luas untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard, printer, flash drive, hard drive eksternal, dan banyak perangkat lainnya.


Setelah mengetahui definisi USB tentunya kalian juga perlu mengetahu bagaimana cara kerja USB yang kalian punya. Simak artikel ini sampai akhir. 


Baca juga: Mengenal USB dan Penyimpanan File


Berikut adalah langkah-langkah umum tentang cara kerja USB:


  1. Penghubung fisik: USB menggunakan penghubung fisik yang berbentuk seperti konektor yang dikenal sebagai USB Type-A, Type-B, atau Type-C. Kabel USB memiliki penghubung di kedua ujungnya, yang dapat disambungkan ke perangkat USB dan komputer atau perangkat lainnya.
  2. Kabel dan pin: Kabel USB memiliki beberapa kabel dan pin di dalamnya. Ada empat kabel utama dalam kabel USB: dua untuk mentransfer data (D+ dan D-) dan dua untuk menyediakan daya (VCC dan ground). Kabel data digunakan untuk mentransfer informasi antara perangkat, sedangkan kabel daya digunakan untuk memberikan daya kepada perangkat USB.
  3. Pengenal perangkat: Setiap perangkat USB memiliki pengenal yang unik yang dikenal sebagai Vendor ID (ID Pemasok) dan Product ID (ID Produk). Ketika perangkat USB dihubungkan ke komputer, perangkat tersebut mengirimkan pengenalnya kepada sistem operasi untuk dikenali.
  4. Pemindaian dan instalasi driver: Setelah perangkat USB dihubungkan ke komputer, sistem operasi akan memindai perangkat tersebut untuk mengenali tipe perangkat dan mencocokkan pengenalnya dengan database driver yang ada. Jika driver yang diperlukan tidak ada di sistem, pengguna mungkin perlu menginstal driver tambahan agar perangkat dapat berfungsi dengan baik.
  5. Protokol komunikasi: Setelah perangkat dikenali dan driver terpasang, komunikasi antara perangkat USB dan komputer menggunakan protokol USB. Protokol USB mengatur cara data dikirim dan diterima antara perangkat, termasuk metode pengkodean data, sinkronisasi, dan penanganan kesalahan.
  6. Transfer data: Setelah perangkat USB terhubung dan dikonfigurasi dengan benar, data dapat ditransfer antara perangkat dan komputer. Transfer data dapat berupa transfer file, perintah kontrol, atau aliran data real-time, tergantung pada jenis perangkat USB yang digunakan.
  7. Daya: USB juga dapat memberikan daya kepada perangkat yang terhubung melalui kabel daya. Perangkat USB dapat mengambil daya dari komputer atau perangkat yang terhubung langsung ke sumber daya listrik.


Baca juga: Ini Yang Ditunggu, Kini Windows Bisa Buka File RAR Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga


Itulah beberapa langkah umum tentang cara kerja USB. USB adalah sebuah standar yang sangat populer dan serbaguna, yang memungkinkan banyak perangkat berbeda untuk saling terhubung dan berkomunikasi dengan mudah.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).




Baca juga: Baterai HP Boros! Ini Dia 20 Aplikasi yang Bikin Baterai Boros


Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Kamis, Juni 22, 2023 3:47 PM
Logo Mogi