Bagikan :
clip icon

Atur Durasi Lampu Hijau Nyala, Teknologi Google dipercaya atasi macet DKI

morfotech
foto : ilustrasi

Jakarta, Morfotech.id - Pemprov DKI Jakarta bakal memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteliigence (AI) untuk mengurai kemacetan. Kecerdasan buatan itu akan diterapkan untuk menyesuaikan pengaturan lampu lalu lintas (traffic light) di persimpangan jalan. Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Emanuel Kristanto mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Google Indonesia mewujudkan teknologi ini. "Benar. Kami tengah bekerja sama dengan Google Indonesia untuk optimasi traffic light di persimpangan," kata Emmanuel saat dikonfirmasi, Jumat (9/12/2022).


Baca juga: 10 Tools Artificial Intelegen (AI) Yang Wajib DI Coba


Emmanuel menerangkan nantinya teknologi AI akan menganalisa volume lalu lintas di persimpangan. Setelahnya, teknologi tersebut akan merekomendasikan durasi lampu hijau yang paling optimal di masing-masing jalur di persimpangan. "Secara garis besar Google akan menggunakan teknologi AI mereka untuk menganalisa volume lalin di persimpangan dan merekomendasikan waktu nyala hijau yang optimal di masing-masing kaki persimpangan," katanya.


Baca juga: Trend AI Voice Generator Dapat Menggantikan Suara Penyanyi


Data tersebut kemudian dikirimkan ke Dishub DKI Jakarta dan selanjutnya, ditindaklanjuti di lapangan. Melalui teknologi ini, diharapkan lampu lalu lintas akan menyesuaikan ruas jalan yang perlu diberi durasi lebih panjang lampu hijaunya menyala sehingga kepadatan volume kendaraan dapat terurai. "Data dikirim ke Dishub dan kita aplikasikan di lapangan," imbuhnya. Sebagai informasi, proyek ini rencananya akan dimulai pada 2023 mendatang. Kedua pihak, yakni Google Indonesia dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menandatangani nota kesepahaman pada November lalu dengan nama proyek Green Light.


Baca juga: iOS 16.4.1(a) Sudah Rilis, Apple Ingatkan Pengguna iPhone Harus Update


Temukan:Pembuatan Aplikasi berbasis mobile & website di Morfotech.id

Sumber:
admin morfotech - ilustrasi
Jumat, Desember 9, 2022 8:48 PM
Logo Mogi