Bagikan :
clip icon

10 Tools Artificial Intelegen (AI) Yang Wajib DI Coba

Morfogenesis Teknologi Indonesia
foto : Getty Images Signature

Jakarta, Morfotech Indonesia – Kecanggihan Artificial Intellegence (AI) menjadi suatu tranformasi global. Sudah banyak yang menggunakan teknologi AI termasuk perusahaan besar yang mempercayai dapat mempermudah pekerjaan.


Tools AI yang paling terpopuler dan sering disebut memudahkan pekerjaan yaitu dengan tools Chatbot atau dikenal dengan ChatGPT. Namun ChatGPT bukanlah satu-satunya tools AI. Masih ada lagi beberapa tools AI yang dapat kalian coba dan gunakan.


Sebelum artikel ini membahas mengenai beberapa tools yang diciptakan oleh Artificial Intellegence (AI). Bahwa seluruh tools dapat kalian akses dengan geratis dan mudah.

 

Baca juga: Trend AI Voice Generator Dapat Menggantikan Suara Penyanyi


10 Tools Artificial Intellegence (AI) Yang Wajib Di Coba

TensorFlow: TensorFlow adalah kerangka kerja AI open source yang dikembangkan oleh Google. Ini digunakan untuk membuat model pembelajaran mesin yang kompleks dan menangani banyak data. Yang harus kalian ketahui juga bahwa TensorFlow memiliki banyak fitur, termasuk dukungan untuk komputasi terdistribusi, pengolahan gambar, dan pemrosesan bahasa alami. TensorFlow telah digunakan untuk berbagai macam aplikasi, termasuk identifikasi objek dalam gambar, pengenalan suara, dan pemrosesan bahasa alami.
PyTorch: PyTorch adalah kerangka kerja pembelajaran mesin open source yang dikembangkan oleh Facebook. Ini memungkinkan untuk kamu membuat model pembelajaran mesin dengan cepat dan mudah. Salah satu keunggulan PyTorch adalah kemampuannya dalam melakukan debugging dan pengembangan. 
Framework (Keras): Framework (Keras) adalah kerangka kerja pembelajaran mesin open source yang memudahkan pengembang untuk membuat model neural network dengan mudah. Keras dapat dijalankan di atas TensorFlow, Theano, dan Microsoft Cognitive Toolkit. Salah satu keunggulan utama Keras adalah mudahnya dalam menggunakan dan menyesuaikan model neural network. Keras menyediakan antarmuka pemrograman Python yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga memungkinkan pengguna untuk membangun dan mengevaluasi model dengan cepat
Scikit-learn: Scikit-learn adalah pustaka pembelajaran mesin open source untuk bahasa pemrograman Python. Ini menyediakan berbagai algoritma pembelajaran mesin, termasuk klasifikasi, regresi, dan pengelompokan.
Convolutional Architecture for Fast Feature Embedding: Convolutional Architecture for Fast Feature Embedding (CAFFE) adalah kerangka kerja pembelajaran mesin open source yang dapat digunakan untuk membuat model neural network untuk pengolahan gambar, video, dan suara.
IBM Watson: IBM Watson adalah platform AI yang menyediakan berbagai layanan seperti analisis bahasa alami, pemrosesan gambar, dan analisis data. Fitur yang dimiliki dapat membantu kalian dalam memproses Bahasa secara alami, dapat menganalisis data baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. 
Google Cloud AI: Google Cloud AI adalah platform AI yang menyediakan berbagai layanan seperti TensorFlow, Cloud AutoML, dan BigQuery ML. Selain itu, Google Cloud AI juga menyediakan berbagai layanan lain seperti Natural Language API, Vision API, dan Speech-to-Text API. Natural Language API memungkinkan pengguna untuk memproses teks dan mengeluarkan informasi seperti sentimen atau kategori, sedangkan Vision API memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi dan memproses gambar.
Microsoft Azure AI: Microsoft Azure AI adalah platform cloud computing yang menyediakan layanan kecerdasan buatan (AI) bagi para pengembang dan perusahaan untuk membangun dan mengoperasikan aplikasi AI. Platform ini disediakan oleh Microsoft melalui layanan cloud computing mereka, Azure. 
Hugging Face: Hugging Face adalah perusahaan AI yang mengembangkan perangkat lunak open source untuk pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin. Selain itu hugging Hugging face juga menyediakan aplikasi NLP dari Bahasa satu kebahasa yang lain. 
OpenAI: OpenAI adalah perusahaan AI nirlaba yang berfokus pada penelitian dan pengembangan teknologi AI yang aman dan bertanggung jawab. Mereka mengembangkan model bahasa alami seperti GPT-3 dan alat pembelajaran mesin lainnya. OpenAI juga sudah memiliki reputasi yang kuat di dunia AI dan telah bekerja dengan berbagai perusahaan besar di industri teknologi dan lainnya untuk mengembangkan teknologi AI yang inovatif dan berdampak positif bagi masyarakat.


Setelah mengetahui tools AI diatas semoga membantu menambah wawasan kalian dalam dunia teknologi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang dalam proses menggarap aplikasi. Jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman anda, ya! Have a nice day (EP)





Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech Creative Team
Jumat, Mei 12, 2023 3:43 PM
Logo Mogi