Bagikan :
clip icon

Trend AI Voice Generator Dapat Menggantikan Suara Penyanyi

morfotechid
foto : Admin morfotech.id

Jakarta, Morfotech Indonesia Teknologi Artificial Intelligence (AI) memiliki bermacam jenis, salah satunya yang saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh public yaitu AI Voice Generator. Dimana dikabarkan bahwa fungsi dari AI Voice Generator tersebut digunakan untuk mengganti lagu dengan suara asli ke suara orang lain.

 

Salah satu contoh pemanfaatan AI Voice Generator dapat anda lihat dari unggahan Instagram reels pemilik account Instagram @ianyxi, dimana sipemilik mengganti lagu dengan suara orang lain.


Baca juga: Memahami Lebih Dalam Teknologi Artificial Intelligence (AI)

 

Pada unggahannya, pemilik account mengunggah lagu “Janji Setia” dari Tiara Andini yang dinyanyikan oleh suara mirip dengan “Jeon Jungkook”, masih banyak contoh lain yang diupload oleh pemilik account IG @ianyxi. Anda dapat lihat secara langsung melalui ponsel anda.


Dalam postingan Instagram tersebut, berisi dengan content lagu-lagu ciptaan musisi Indonesia digantikan dengan suara penyanyi terpopuler internasional, yang sudah jelas bahwa lagu tersebut sejatinya tidak dilantunkan oleh sipemilik lagu asli.

 

Baca juga: ChatGPT Dijadikan Alternatif Meringankan Tugas


Ramainya teknologi AI Voice Generator dimedia sosial, tentu banyak menjadi pertanyaan terkait aman atau tidaknya? Apakah AI Voice Generator juga sama seperti AI lainnya yang terdapat pula celah penyalahgunaan yang dapat merugikan pengguna?


Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya, simak sampai tuntas:


Apa Sih AI Voice Generator?


Sebelum anda mengetahui aman atau tidaknya AI Voice Generator anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu AI Voice Generator. AI Voice Generator adalah sebuah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan suara manusia secara otomatis. Dengan menggunakan teknologi Text-to-Speech (TTS), AI Voice Generator dapat mengubah teks menjadi suara manusia yang terdengar alami dan realistis.


Pada dasarnya AI Voice Generator bekerja dengan mengambil teks sebagai masukan dan menerjemahkannya menjadi suara manusia. Proses ini melibatkan beberapa tahapan, termasuk pengenalan teks, sintesis suara, dan pemrosesan suara. Dalam beberapa kasus, AI Voice Generator dapat disesuaikan dengan suara tertentu, seperti suara karakter animasi atau suara selebriti.


Perlu anda ketahui bahwa AI Voice Generator banyak digunakan dalam aplikasi dan produk yang memerlukan suara manusia, seperti aplikasi asisten digital, video game, dan audiobook. AI Voice Generator dapat membantu meningkatkan kualitas pengalaman pengguna dan memberikan lebih banyak pilihan suara manusia yang berbeda-beda.


Baca juga: Bahaya Tersembunyi di Balik Aplikasi Lensa AI yang Viral


Apakah AI Voice Generator Aman Digunakan?


Apabila dilihat secara umum, AI Voice Generator aman untuk digunakan. Namun, seperti teknologi lainnya, penggunaan AI Voice Generator juga perlu dipertimbangkan dengan baik untuk menghindari kemungkinan dampak negative.


Salah satu potensi dampak negative dari AI Voice Generator yaitu, sebagian orang mungkin akan dengan mudah menyalah gunakan fitur tersebut, untuk melakukan kejahatan-kejahatan sosial termasuk penipuan. Dengan menggantikan suara asli kesuara tokoh-tokoh yang diinginkan untuk melakukan kejahatan.

 

Hal tersebut yang mungkin harus diantisipasi dan diwaspadai, supaya tidak dengan mudah terkena modus penipuan atau kejahatan-kejahatan sosial lainnya.

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan Jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman anda, ya! Have a nice day (EP)




Baca Juga: iOS 16.4.1(a) Sudah Rilis, Apple Ingatkan Pengguna iPhone Harus Update 


Pembuatan Aplikasi Berbasis Mobile & Website hubungi: www.morfotech.id




Pembuatan Aplikasi Berbasis Mobile & Website hubungi: www.morfotech.id



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech Creative Team
Rabu, Mei 10, 2023 4:28 PM
Logo Mogi