Bagikan :
clip icon

7 Cara Melacak Nomor WhatsApp yang Tidak Dikenal

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta Morfotech Indonesia_WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, yang digunakan oleh jutaan orang untuk berkomunikasi setiap hari. 


Namun, terkadang kita menerima pesan atau panggilan dari nomor WhatsApp yang tidak dikenal, dan ini bisa menjadi situasi yang membingungkan. Pesan atau Panggilan dari nomor yang tidak kita kenal bisa membuka pintu bagi malware atau virus untuk menginfeksi perangkat Anda. 


Baca juga: Waspada Penipuan Berkedok File PDF


Hati-hati jika menerima panggilan atau pesan dari nomor yang tidak dikenal karena penipu bisa mencoba mencuri informasi pribadi, seperti data bank atau kata sandi, dengan berpura-pura menjadi organisasi resmi atau bank, dan masih banyak modus lain.


Untuk menghindarinya, Anda perlu mencoba melacak nomor WhatsApp yang menghubungi Anda dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh pada google Play Store atau App Store. 


Baca juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp Demi Keamanan Lebih Baik


Dilansir cnnindonesia.com (1/11), Berikut aplikasi pelacak nomor orang yang tidak dikenal:


1. CallApp

CallApp merupakan aplikasi yang dapat mengidentifikasi panggilan masuk dari nomor yang tidak terdaftar di kontak Anda. Memiliki database lebih dari 6 miliar nomor di dunia. Aplikasi ini juga memiliki fitur mode gelap dan memberikan nada dering khusus untuk nomor kontak yang tersimpan. Untuk itu, bisa membantu Anda mengetahui siapa yang sedang mencoba menghubungi Anda sebelum Anda menjawab panggilan. 



2. Caller ID

Caller ID adalah sebuah aplikasi pengelola kontak dan pemanggil yang populer yang dapat membantu pengguna dalam mengelola dan mengidentifikasi panggilan telepon dan pesan dari nomor yang tidak dikenal. Pada aplikasi Caller ID terdapat fitur tempat pencadangan kontak yang tersimpan dan dapat merekam telepon yang masuk dan keluar.


3. Getcontact

GetContact adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengidentifikasi dan memblokir panggilan dan pesan teks yang masuk dari nomor yang tidak dikenal atau dianggap spam. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang berguna dalam mengelola kontak dan melindungi privasi pengguna. Seperti fitur yang dapat menyaring data tag atas nomor telepon Anda sesuai yang diberikan orang lain yang menyimpan kontak Anda.


Baca juga: Cara Mengunci Chat WhatsApp Demi Keamanan Lebih Baik


4. Mr. Number

Mr. Number adalah sebuah aplikasi yang populer yang digunakan lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna dalam mengidentifikasi dan mengelola panggilan telepon dan pesan dari nomor yang tidak dikenal atau dianggap spam. Aplikasi ini memiliki fitur untuk menampilkan nama dan foto dari nomor telepon yang masuk ke panggilan HP Anda.  

Aplikasi ini dapat mengontrol panggilan masuk yang mengganggu atau berupa penipuan. Dapat memutuskan apakah ingin berbagi informasi kontak mereka dengan pengguna lain atau tidak dan juga dapat memblokir dari panggilan-panggilan yang tidak dikenal.


5. Sync.Me

Sync.ME dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi panggilan yang tidak dikenal dan melindungi Anda dari panggilan spam. Aplikasi ini memiliki fitur panggilan pintar yang dapat mendeteksi setiap panggilan telepon yang masuk, merekam, serta menemukan segala sesuatu mengenai panggilan masuk di ponsel Anda.


6. Truecaller

Truecaller adalah salah satu aplikasi identifikasi pemanggil dan pengelola kontak yang sangat populer. Aplikasi ini memiliki fitur pelacakan nomor telepon dalam bentuk situs sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya. Truecaller dapat mengidentifikasi nomor, lokasi, hingga provider. Dengan memberikan notifikasi spam pada nomor yang sudah dilaporkan dari pengguna lain akan membuat Anda semakin berhati-hati.  


7. Whoscall

Whoscall adalah sebuah aplikasi yang mendeteksi panggilan telepon dan pesan dari nomor yang tidak dikenal atau dianggap spam. memiliki fitur yang dapat menyaring panggilan yang dicurigai, menghindari panggilan dan penipuan, hingga dapat memindai SMS dari nomor telepon orang lain. 


Baca juga: WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Multiple Accounts: Aktifkan Dua Akun dalam Satu Aplikasi


Dalam situasi apapun, penting untuk berhati-hati dan menjaga privasi Anda ketika berurusan dengan nomor panggilan asing dan WhatsApp yang tidak dikenal. Jangan memberikan informasi pribadi Anda kepada siapa pun tanpa memastikan identitas mereka terlebih dahulu. Semoga 7 informasi aplikasi di atas dapat membantu Anda mengidentifikasi nomor spam atau pesan WhatsApp yang tidak dikenal.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).


  






Baca juga: Tampilan Baru WhatsApp yang Mirip Instagram: Transformasi Aplikasi Pesan Populer

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id











Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, November 10, 2023 9:41 AM
Logo Mogi