Bagikan :
clip icon

3 Cara Efektif Untuk Memperbesar Ukuran File PDF

Morfotech Indonesia
foto : freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dalam era digital saat ini, dokumen PDF adalah salah satu format file yang paling umum digunakan. Namun, seringkali pengguna mendapati diri mereka perlu memperbesar ukuran file PDF agar sesuai dengan kebutuhan pengiriman atau tampilan yang diinginkan. 


Biasanya dalam syarat pengiriman file PDF ditentukan batas ukuran filenya, contohnya pada pengiriman file saat melamar pekerjaan. Nah hal tersebut tentu harus disesuaikan supaya file dapat terbaca dengan jelas.


Baca juga: 7 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk Smartphone Anda


Portable Document Format (PDF) Ini adalah format file yang diciptakan oleh perusahaan Adobe Systems pada tahun 1990-an untuk mempermudah pertukaran dokumen yang kompleks antara berbagai platform dan sistem operasi tanpa kehilangan format aslinya. 


PDF memungkinkan pengguna untuk melihat, mencetak, dan berbagi dokumen dengan format yang sama persis seperti yang dilihat oleh pembuatnya, terlepas dari perangkat atau program yang digunakan untuk membukanya. PDF juga mendukung berbagai jenis konten, termasuk teks, gambar, grafik vektor, dan bahkan multimedia. Berikut adalah tiga cara untuk memperbesar ukuran file PDF:


1. Menggunakan Situs PDFResizer.com

Di situs ini, terdapat berbagai macam fitur untuk PDF. Misalnya untuk rotate, crop, convert split, optimize PDF dan lainnya.


Terdapat 3 opsi untuk mengubah ukuran file PDF pada situs ini, yakni Low (72dpi), Mid (150dpi), high (300dpi), dan high+ (300+ dpi). Berikut adalah cara memperbesar ukuran file PDF menggunakan situs PDFResizer.com:


  1. Buka browser pencarian di gawaimu 
  2. Masuk ke situs PDFResizer.com. Kamu akan diarahkan ke halaman ‘Resize File’ 
  3. Klik opsi ‘Pilih File’ untuk membuka dokumen yang hendak diubah ukurannya 
  4. Setelah file terunggah, klik ‘Upload File’ Tunggu hingga proses unggahan selesai. Kamu akan diarahkan ke halaman baru 
  5. Pada halaman tersebut, pilih resolusi yang ingin diterapkan pada file PDF. Jika ingin memperbesar, bisa klik resolusi high 300 dpi atau high+  
  6. Atur juga ‘Set Paper Size’ untuk mengubah bentuk kertas jika dibutuhkan 
  7. Jika sudah fix, bisa klik ‘Looks good, do the magic


Setelah memilih ukuran file PDF yang diinginkan, selanjutnya silahkan klik "unduh file". Perlu diingat, sebelum kamu melakukan pengunduhan ada baiknya untuk melakukan pengecekan file PDF dengan memperhatikan rincian di dalamnya terlebih dahulu. Jika sudah merasa yakin, silahkan lakukan pengunduhan file PDF tersebut. 


2. Menggunakan Situs Docupub.com

Cara lain memperbesar ukuran file PDF adalah melalui situs Docupub.com. Situs ini memang khusus untuk mengedit ukuran file PDF, Anda pun bisa melakukan resize PDF, compress PDF dan merge PDF di Docupub.com ini.


Berikut cara memperbesar ukuran file PDF menggunakan situs Docupub.com:


  1. Silahkan akses laman docupub.com.
  2. Selanjutnya di halaman awal, kamu akan langsung disuguhi converter. Atur output format, compatibility, auto-rotate page, dan resolusinya sesuai kebutuhan. Terpenting bagian resolusi Unggah file yang ingin di-convert ukurannya dengan mengetuk opsi ‘Pilih File’ Pilih ‘Delivery Method’ yang diinginkan untuk output-nya. Bisa langsung unduh via browser atau minta dikirim ke email Klik ‘Upload & Convert’, tunggu hingga prosesnya selesai.
  3. Lalu unduh file PDF tersebut.

Apabila Anda memilih unduh melalui browser, maka dokumen akan langsung terunduh ke ponsel. Namun jika Anda memilih untuk mengunduh melalui email, maka file akan dikirim melalui "Send by Email".



3. Menggunakan Situs Online2PDF

Situs Online2PDF memiliki banyak fitur yang memungkinkan kamu untuk memperbesar ukuran PDF, menyusun ulang halaman, membagi file, mengedit, membuka file yang terkunci, dan masih banyak lagi. Langkah-langkah memperbesar ukuran PDF dengan Online2PDF adalah sebagai berikut:


  1. Buka laman https://online2pdf.com/
  2. Pilih "Select files" untuk mengunggah file PDF yang akan diperbesar
  3. Setelah terunggah, klik opsi ‘Header/Footer’ yang akan menampilkan pengaturan lanjutan Tentukan ukuran header, footer, serta lebar kertas, hingga ukuran font sesuai kebutuhan Klik ‘Convert’ untuk mengubah ukuran file PDF.
  4. Tunggu hingga selesai, nantinya file PDF akan otomatis terunduh, dikutip idntimes.com, selasa (26/03/2024)


Baca juga: 4 Cara Mudah Atasi Gmail Tidak Bisa Download File


Meskipun semua cara di atas dapat membantu memperbesar ukuran file PDF tanpa aplikasi tambahan, penting untuk diingat bahwa penambahan ukuran file juga dapat mempengaruhi waktu upload dan download, serta kebutuhan penyimpanan. Oleh karena itu, disarankan untuk mempertimbangkan kebutuhan spesifik Anda sebelum menerapkan salah satu teknik di atas.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Waspada Penipuan Berkedok File PDF

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Maret 26, 2024 10:38 AM
Logo Mogi