Bagikan :
clip icon

iOS Unggul! 7 Fitur Terbaik yang Belum Dimiliki Android

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Sejak peluncuran iPhone pertama kali, sistem operasi iOS terus menghadirkan inovasi canggih dan fitur yang membuat penggunanya terkesan. 


iOS dan Android selalu menjadi perbandingan bagi para penggunanya. Walaupun iPhone bersaing ketat dengan smartphone Android, iPhone sendiri telah memiliki pengguna setianya yang tersebar di seluruh dunia. Tak heran jika setiap merilis produk smartphone terbaru, masyarakat milenial di berbagai negara selalu antusias. Kali ini, kita akan membahas 7 fitur terbaik iOS yang sayangnya belum dimiliki oleh Android.


Baca juga: Ganti Nama Hotspot iPhone dengan Mudah Melalui Menu Pengaturan


1. AirPlay

AirPlay adalah teknologi yang dikembangkan oleh Apple yang memungkinkan perangkat iOS dan macOS untuk melakukan streaming konten multimedia, termasuk video, audio, dan gambar, ke perangkat lain yang mendukung AirPlay. Dengan kata lain, pengguna dapat dengan mudah memproyeksikan layar perangkat mereka ke perangkat lain tanpa menggunakan kabel. 


2. FaceTime 

FaceTime adalah sebuah aplikasi panggilan video dari Apple yang tersedia di perangkat iOS, iPadOS, dan macOS. Berkat fungsi dan kemudahannya saat digunakan, FaceTime ini menjadi sangat populer di kalangan pengguna iPhone atau Apple. Saat menggunakan FaceTime, kalian hanya memerlukan nomor telepon atau alamat email terdaftar oleh pengguna lain yang ingin kalian ajak melakukan panggilan video. Untuk pengguna Android mungkin bisa menggunakan FaceTime mungkin hanya melalui web dan hanya dengan pengguna yang menggunakan Apple. 


3. iMessage 

iMessage, aplikasi pesan bawaan iOS, memberikan pengguna pengalaman pesan yang lebih kaya dengan emoji, stiker, dan kemampuan untuk memberikan reaksi langsung pada pesan. Bagi pengguna sesama iPhone biasanya lebih memilih menggunakan iMessage sebagai layanan perantara pesan. Meskipun Android memiliki aplikasi pesan bawaan yang solid, namun fitur kaya iMessage belum sepenuhnya tersedia.


4. Live Text

Live Text adalah teknologi pengenalan teks canggih yang memungkinkan pengguna Apple untuk mengekstrak teks langsung dari foto atau gambar. Fitur live text pertama kali ada di iOS 15. Tidak hanya itu, Live Text juga memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tindakan langsung berdasarkan teks yang diidentifikasi, seperti menyalin, menerjemahkan, atau mengunjungi situs web yang terkait.


5. Visual Lookup

Visual Lookup merupakan teknologi pengenalan gambar yang cara kerjanya mirip dengan Google Lens. Fitur ini memungkinkan pengguna mengidentifikasi objek, tumbuhan, hewan, atau benda lainnya hanya dengan mengarahkan kamera perangkat mereka ke subjek yang diinginkan. Visual Lookup menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek tersebut. 


Baca juga: Inovatif! 5 Cara Restart iPhone Tanpa Perlu Sentuh Layar


6. Check In

Check In adalah fitur tersembunyi yang ada pada iOS 17. Fitur ini berfungsi untuk memberi tahu kontak iMessage mengenai lokasi pengguna sehingga bisa lebih aman saat Anda pergi sendirian. Check In umumnya digunakan untuk berbagi lokasi atau waktu. Apabila memilih Check In berbasis waktu, pengguna akan diarahkan untuk memilih kontak terpilih di waktu yang sudah ditentukan, dan apabila pengguna tidak merespon dalam waktu 15 menit, maka kontak tersebut akan mendapatkan notifikasi lengkap dengan info lokasi terbaru.   


7. NameDrop

NameDrop juga fitur yang ada pada iOS 17, yang di perkenalkan Apple di WWDC. Fitur ini hampir sama seperti AirDrop dimana pengguna dapat berbagi kontak ke pengguna lain dengan cepat. Fitur ini hanya dapat bekerja saat iPhone dalam kondisi terbuka dan tidak akan mengirimkan kontak secara otomatis, perlu konfirmasi dari pengguna ketika ingin mengirim kontak. 


Baca juga: Cara Update iOS Bisa Melalui OTA atau iTunes


Meskipun Android terus berkembang dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa, ada beberapa fitur unggulan yang masih dimiliki iOS. Dengan persaingan yang semakin ketat di dunia perangkat pintar, kita dapat berharap bahwa kedua sistem operasi ini akan terus saling berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Apple Resmi Merilis iPhone 15

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Januari 19, 2024 10:51 AM
Logo Mogi