Bagikan :
clip icon

Panduan Praktis: Cara Mengisi Daya Laptop dengan Benar

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Beberapa orang yang melakukan pekerjaannya dengan laptop pasti sering mengalami masalah baterai yang kurang awet. Hal tersebut disebabkan karena masalah pada laptop yang keseringan diisi baterainya sepanjang waktu meskipun kondisinya tidak habis baterai.

 

Tentu hal tersebut membawa pengaruh terhadap kesehatan baterai pada laptop. Mengisi daya laptop adalah tindakan sehari-hari yang sederhana, tetapi ada beberapa langkah penting yang perlu diikuti untuk memastikan bahwa laptop Anda tetap dalam kondisi terbaik dan tidak mengalami masalah baterai. 


Dalam panduan ini, kami akan membagikan tips tentang cara mengecas laptop yang benar untuk menjaga daya baterai dan umur panjang perangkat Anda.


Baca juga: Mengenal Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

 

1. Gunakan Charger Asli


Selalu gunakan charger asli yang disediakan oleh produsen laptop Anda. Charger yang tidak cocok dapat menyebabkan masalah, seperti overcharging atau undercharging, yang dapat merusak baterai laptop.


2. Hindari Penggunaan Laptop Saat Diisi Daya


Sebaiknya hindari penggunaan laptop saat sedang diisi daya, terutama jika laptop Anda digunakan untuk tugas-tugas berat. Penggunaan laptop saat diisi daya dapat menyebabkan panas berlebihan, yang dapat merusak baterai dan komponen internal lainnya.


3. Jangan Biarkan Baterai Habis Sampai Nol Persen


Menunggu baterai hingga benar-benar habis sebelum mengisi daya tidak dianjurkan. Sebaiknya isi daya laptop Anda ketika baterai mencapai sekitar 20-30 persen. Ini akan membantu mencegah siklus pengisian daya yang terlalu dalam yang dapat merusak baterai.


4. Matikan Laptop Saat Tidak Digunakan


Jika Anda tidak menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama, matikan perangkat atau letakkan dalam mode tidur. Ini akan membantu menghemat daya baterai dan mengurangi kebutuhan untuk sering mengisi daya.


Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Kabel Yang Sering Digunakan


5. Jangan Biarkan Laptop Terlalu Lama Terhubung ke Charger


Meskipun memungkinkan untuk meninggalkan laptop terhubung ke charger selama berhari-hari, ini tidak dianjurkan. Setelah baterai mencapai 100 persen, lepas charger untuk menghindari overcharging yang dapat merusak baterai.


6. Bersihkan Konektor dan Port Charger Secara Berkala


Kotoran dan debu dapat mengumpul di konektor dan port charger, mengganggu pengisian daya yang efisien. Pastikan untuk membersihkannya secara berkala dengan hati-hati menggunakan alat yang sesuai.


7. Periksa Temperatur Lingkungan


Hindari mengisi daya laptop dalam suhu lingkungan yang ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Suhu ekstrem dapat memengaruhi kinerja baterai.


Baca juga: Microsoft Membawa Inovasi Baru, Teknologi AI Akan Ditanamkan di Paint, Mampu Mewujudkan Gambar dari Teks


Dengan mengikuti panduan diatas, maka Anda dapat menjaga daya baterai laptop Anda dalam kondisi terbaik dan memperpanjang umur perangkat Anda. Ingatlah bahwa perawatan yang baik akan membantu laptop akan tetap berkinerja optimal selama bertahun-tahun.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: Mengenal Apa itu SSD, Kelebihan dan Manfaat SSD

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, September 5, 2023 11:24 AM
Logo Mogi