Bagikan :
clip icon

Mengenal Jenis-jenis Kabel Yang Sering Digunakan

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Di era teknologi saat ini, ponsel telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, kebutuhan akan daya baterai yang berkelanjutan telah menjadi tantangan. Untuk mengisi daya ponsel, kita memerlukan charger yang sesuai. Artikel ini akan membahas jenis-jenis charger yang umumnya digunakan untuk mengisi daya ponsel.


Baca juga: Ketahui Pengertian Mouse, Sejarah, Fungsi dan Jenis-jenis Mouse


Mengenal Jenis-jenis Kabel Charger


Kabel charger umumnya terbagi menjadi 4 jenis, sesuai dengan merk hp yang digunakan. Kabel charger tidak hanya berfungsi untuk mengalirkan daya listrik dalam mengisi baterai. Akan tetapi, kabel ini juga dapat berfungsi untuk mentransfer data dari perangkat hp ke laptop maupun sebaliknya. Bahkan dapat menghantarkan listrik untuk mengisi daya baterai ke perangkat apapun.


1. Charger USB Standar

Charger USB standar adalah jenis charger paling umum yang digunakan untuk mengisi daya ponsel. Charger ini memiliki colokan USB standar yang dapat terhubung ke sebagian besar perangkat elektronik. Dalam kasus pengisian daya ponsel, charger USB standar terhubung ke kabel USB yang sesuai dengan port ponsel. Charger ini biasanya memiliki daya output 5V dan dapat mengisi daya ponsel dengan cepat.


2. Charger USB Type-C:

Charger type-C merupakan jenis charger yang dirancang untuk mengisi daya ponsel dengan cepat dan mempermudah pengguna smartphone. umumnya memiliki ukuran yang kecil, dan tipis, yang dapat digunakan bolak-balik. Tidak hanya itu, tipe kabel ini mengklaim proses pemindahan data yang lebih cepat dan memiliki daya yang lebih kuat dari pada tipe yang lainnya. Bahkan, USB tipe-C kini telah banyak digunakan pada aneka peralatan elektronik terbaru. Memang untuk bandrol harga yang dipasarkan lebih mahal. Namun kualitas yang diberikan juga dapat memberikan kepuasan bagi penggunanya karena memiliki fitur yang fast charging. 


3. Lightning Charger

Lightning Charger merupakan tipe kabel charger yang secara eksklusif hanya dikhususkan pada produk rilisan Apple. Fungsi yang sama konektor tipe ini juga digunakan untuk mengisi daya ataupun mentransfer data. keuntungannya sendiri dapat meminimalisir penyebaran virus, karena tipe ini telah mendukung standar MFI (Made For Iphone). 


4. Micro USB Charger

Micro USB Charger adalah tipe kabel hp android yang memiliki fungsi lebih fleksibel karena dapat mendukung berbagai tipe smartphone. selain itu tipe ini juga digunakan untuk mengisi perangkat lain diantaranya perangkat ponsel, powerbank, MP3 player, hard disk eksternal, aerphone, gamepad dan lainnya. Sayangnya, konektor tipe ini kerap memiliki kualitas yang rendah. Tidak heran bila harganya cukup terjangkau. Dan saat ini hanya ponsel-ponsel jenis lawas saja yang masih menggunakan kabel tipe ini.


Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Central Processing Unit (CPU)


Memilih jenis charger yang tepat untuk ponsel kamu adalah langkah penting dalam menjaga daya baterai yang berkelanjutan. Ketika memilih charger, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan daya ponsel kamu dan kompatibilitasnya dengan charger tersebut. Dengan pemilihan charger yang tepat, kamu dapat mengisi daya ponsel kamu dengan efisien dan praktis.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).








Baca juga: Begini Ternyata Cara Kerja USB (Universal Serial Bus)!

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Juli 11, 2023 4:00 PM
Logo Mogi