Bagikan :
clip icon

Optimalkan SEO Dengan Menggunakan 5 Tools ini !

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dalam dunia digital marketing, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu strategi penting untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari seperti Google. Dengan menggunakan teknik SEO yang tepat, situs web Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pengunjung. 


Baca juga: Google Akuisisi Startup Cameyo untuk Membawa Aplikasi Windows ke ChromeOS


Untuk yang ingin memulai mengoptimalkan SEO, berikut ini adalah lima tools yang wajib Anda ketahui dan gunakan:


1. Google Keyword Planner 

Google Keyword Planner adalah tools gratis yang disediakan oleh Google melalui platform Google Ads. Tools ini dirancang untuk membantu pengiklan menemukan kata kunci yang relevan untuk kampanye iklan mereka. Meskipun lebih relevan untuk iklan berbayar, estimasi biaya per klik (CPC) juga dapat memberi Anda gambaran tentang seberapa kompetitif kata kunci tertentu. Kata kunci dengan CPC tinggi biasanya lebih kompetitif. Dengan menggunakan Keyword Planner, kita dapat mengidentifikasi peluang kata kunci yang mungkin belum kita pertimbangkan sebelumnya. 


Tools ini juga memberikan data tentang volume pencarian bulanan rata-rata untuk kata kunci tertentu. Ini membantu Anda memahami seberapa sering kata kunci tersebut dicari oleh pengguna. Selain itu, Anda dapat melihat tren pencarian untuk kata kunci tersebut dari waktu ke waktu. Anda juga dapat melihat perkiraan konversi, klik atau tayangan,yang sudah di pasangkan iklan. Dengan menggunakan tools ini, dapat mengoptimalkan konten dengan kata kunci yang relevan. 


2. Answer Socrates

Answer Socrates merupakan tools yang dirancang untuk membantu para penulis, praktisi SEO, peneliti, dan untuk Anda yang sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan oleh Google. Tools ini berfungsi untuk menggabungkan kekuatan dari Google Suggests. Memiliki fitur "People Also Asked" dan data Google Trens dapat menampilkan pertanyaan yang relevan dan menarik. 


Dengan Answer Socrates kita dapat menemukan pertanyaan yang diajukan oleh orang-orang di dunia. Keunggulan dari Answer Socrates terletak pada kemampuan untuk memberikan inspirasi bagi konten yang dibuat. Namun sayangnya tools ini hanya dapat membantu dalam mengidentifikasi pertanyaan yang populer dan tren saat ini, dan juga memahami kebutuhan informasi pengguna. Dapat digunakan untuk memastikan bahwa konten yang dibuat tidak friendly, tetapi juga memberikan nilai dan jawaban yang dicari audiens.


3. Semrush 

Semrush merupakan sebuah platform yang menyediakan fitur riset kata kunci yang mendalam dan dapat Anda gunakan untuk menemukan kata kunci paling relevan serta berpotensi meningkatkan peringkat di mesin pencari. Dengan Semrush melakukan riset pesaing menjadi lebih optimal. Selain itu, Semrush juga menyediakan berbagai fitur lain untuk memaksimalkan strategi SEO website. 


Memiliki lebih dari 40 tools tersedia, seperti tools pelacakan peringkat kata kunci, pembangunan link, hingga analisis kata kunci. Selain itu, Semrush juga menyediakan toolkit khusus untuk iklan pay-per-click (PPC), media sosial, pemasaran konten, manajemen, dan pertumbuhan agency. Dikutip idntimes.com, Jum'at (14/6/2014).


4. Google Search Console

Google Search Console adalah alat gratis dari Google yang membantu Anda memantau, memelihara, dan memecahkan masalah kehadiran situs Anda di hasil pencarian Google. Ini sangat berguna untuk melihat bagaimana Google melihat situs Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki visibilitas. Google Search Console memberikan data rinci tentang bagaimana situs Anda tampil di hasil pencarian Google. Anda dapat melihat klik, tayangan, CTR (Click-Through Rate), dan posisi rata-rata kata kunci yang membawa pengunjung ke situs Anda.


Anda dapat memeriksa status indeks URL tertentu di situs Anda. Ini membantu memastikan bahwa halaman Anda diindeks dengan benar dan memberikan wawasan tentang masalah apa pun yang mungkin terjadi. Google Search Console juga memberikan peringatan tentang masalah yang ditemukan pada situs Anda.


5. ChatGPT

ChatGPT merupakan salah satu tools yang memiliki kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh openAI. Dengan kecanggihan Artificial Intelligence (AI) dapat memberikan data teks besar dari internet.


Pada konteks SEO, ChatGPT ini dapat membantu dalam berbagai tugas seperti brainstorming ide kata kunci, menulis tag judul dan deskripsi meta secara massal, menghasilkan markup schema, menulis regex, dan membuat tag hreflang. Selain itu Anda juga dapat membuat konten yang menarik dengan bantuan mesin pencari di situs web, sehingga Anda akan lebih banyak menghemat waktu. 


Baca juga: Redpumpkin AI Coding Assistant Bisa Bantu Proses Coding


Mengoptimalkan SEO adalah langkah penting untuk meningkatkan visibilitas dan kesuksesan situs web Anda. Dengan menggunakan tools yang tepat, Anda dapat mengembangkan strategi SEO yang efektif dan efisien. Setiap alat menawarkan fitur dan manfaat unik yang dapat membantu Anda memahami dan memperbaiki kinerja SEO situs Anda, bahkan jika Anda masih pemula dalam dunia SEO.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Ternyata Ini Alasan Kamu Sering Menerima Email Spam

Butuh jasa pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Juni 14, 2024 10:01 AM
Logo Mogi