Bagikan :
clip icon

Google Akuisisi Startup Cameyo untuk Membawa Aplikasi Windows ke ChromeOS

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Google berupaya mengakuisisi startup Cameyo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang solusi virtualisasi aplikasi, dalam upaya memperkuat ekosistem ChromeOS dengan mendukung aplikasi Windows


Langkah strategis ini diperkirakan akan mengubah cara pengguna ChromeOS berinteraksi dengan berbagai aplikasi yang sebelumnya hanya tersedia di sistem operasi Windows. Hal ini sudah diumumkan oleh Google melalui postingan di blog resmi perusahaan, namun pihak terkait tidak mencantumkan rincian nilai akuisisinya.


Baca juga: Cara Menghapus Semua Postingan Facebook


Dilansir kompas.com (7/6), Pernyataan yang diberikan oleh CEO Cameyo, Andrew Miller dan Head of Product Management ChromeOS, Naveen Viswanatha dalam unggahannya pada blog Google menyatakan "Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa tim Cameyo bergabung dengan Google. Ini menandai tonggak penting dalam misi kami untuk menjadikan aplikasi lawas agar dapat diakses dan dikelola dengan mudah dalam ekosistem ChromeOS".


Dengan akuisisi Cameyo, Google berharap dapat mengatasi masalah tersebut dengan menyediakan solusi yang mulus dan terintegrasi untuk menjalankan aplikasi Windows di perangkat ChromeOS. Hal ini akan memungkinkan pengguna ChromeOS untuk mengakses aplikasi Windows tanpa perlu mengandalkan perangkat keras tambahan atau solusi dual-boot yang rumit.


Langkah tersebut sama seperti mengakses aplikasi Google Dokumen yang dapat dijangkau dari perangkat manapun, terlepas dari apa pun sistem operasinya. Namun teknologi Cameyo hanya mengkhususkan diri pada aplikasi berbasis OS Windows agar dapat berjalan pada perangkat manapun.


Baca juga: 10 Cara Merawat Perangkat Android Supaya Tidak Lemot


Akuisisi Google dengan Cameyo sebenarnya sudah berjalan cukup lama, bahkan tahun lalu Google sudah bekerja sama untuk menghadirkan aneka fitur, termasuk fitur yang dapat mengintergrasikan sistem file aplikasi Windows.


Cameyo adalah startup yang berbasis di North Carolina, Amerika Serikat, dan didirikan pada tahun 2018. Perusahaan ini terkenal karena teknologi virtualisasi aplikasi berbasis cloud yang memungkinkan aplikasi Windows berjalan di berbagai perangkat, termasuk yang menggunakan sistem operasi non-Windows


Dengan demikian, langkah ini tidak hanya memperkuat posisi Google di pasar sistem operasi tetapi juga memberikan solusi yang lebih holistik bagi pengguna yang membutuhkan akses ke aplikasi Windows dalam ekosistem ChromeOS.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: LinkedIn Memperluas Pengalaman Pengguna dengan Peluncuran 3 Game Online Baru

Butuh jasa pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Juni 7, 2024 11:10 AM
Logo Mogi