Bagikan :
clip icon

Mengutamakan Kesehatan Mental, Ini Dia 7 Aplikasi Terbaik yang Wajib Dicoba

Morfotech Indonesia
foto : screenshot getmoodfit.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Kesehatan mental semakin diakui pentingnya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung kesejahteraan mental, berbagai aplikasi kesehatan mental telah dirancang untuk membantu penggunanya.


Meskipun tidak dapat menggantikan terapi, namun aplikasi kesehatan mental tetap bisa diandalkan. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengontrol kesehatan mental. Berikut ini adalah 7 aplikasi kesehatan mental terbaik yang wajib dicoba:


Baca juga: Peringatan Keamanan:13 Aplikasi Berbahaya yang Dapat Mengambil Alih Ponsel Android dari Jauh


1. Talkspace

Untuk mereka yang mencari dukungan profesional, Talkspace menyediakan layanan terapi daring. Pengguna dapat berkomunikasi dengan seorang terapis melalui pesan teks, suara, atau video, memberikan akses yang mudah dan nyaman.


2. Calm

Calm adalah aplikasi populer yang kerap digunakan untuk membantu menjaga dan mengurangi gejala stres yang menjadi penyebab terganggunya kesehatan mental seseorang. Aplikasi ini cocok bagi orang-orang yang ingin mencoba melakukan meditasi sebagai treatment menjaga kesehatan mental. Calm tidak hanya menawarkan meditasi, tetapi juga suara alam yang menenangkan, musik relaksasi, dan program tidur untuk membantu mengatasi gangguan tidur. Aplikasi ini juga menyediakan kelas-kelas meditasi yang dipandu oleh ahli.


3. Moodfit

Moodfit adalah aplikasi yang menyediakan pelacakan suasana hati harian, latihan fisik, melacak pola tidur dan latihan kognitif. Dengan menganalisis data tersebut, Moodfit memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kesehatan mental pengguna. Dalam aplikasi moodfit terdapat berbagai tool dan sesi untuk membantu pengguna menilai perasaan, mengenali pemikiran negatif dan mengubahnya. 


Baca juga: 5 Aplikasi Pengubah Suara jadi Teks di Android dan iPhone


4. Sanvello

Sanvello, sebelumnya dikenal sebagai Pacifica, menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk membantu penggunanya mengelola stres, kecemasan, dan gangguan suasana hati. Aplikasi ini menyediakan latihan pernapasan dan meditasi yang dipandu untuk membantu pengguna mengatasi stres dan meningkatkan fokus. 


5. Happify

Happify merupakan aplikasi gratis yang yang disebut juga dengan aplikasi kesehatan mental. Aplikasi ini memiliki beragam saran aktivitas, kuis, dan permainan yang bisa digunakan setiap hari bagi pengguna aplikasi ini. Happify menggabungkan prinsip psikologi positif dengan permainan interaktif dan latihan kebahagiaan. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pengguna mengatasi stres, kecemasan, dan depresi melalui kegiatan yang menyenangkan


6. MindShift CBT

Khusus dirancang untuk mengatasi kecemasan atau anxietyMindShift menyediakan alat dan strategi kognitif-behavioral yang dapat membantu pengguna mengubah cara mereka berpikir dan merespon terhadap situasi stres. Aplikasi ini di pecah menjadi beberapa kategori, diantaranya kategori kekhawatiran umum, kecemasan sosial, perfeksionisme, panik dan fobia.


7. Headspace

Aplikasi ini menawarkan meditasi dan latihan pernapasan untuk membantu pengguna mengelola stres dan meningkatkan fokus. Headspace juga menyediakan konten khusus untuk mengatasi kecemasan dan insomnia.


Baca juga: Cara Batasi Waktu Main Ponsel Lewat Screen Time di iPhone


Kesehatan mental adalah bagian integral dari kesejahteraan keseluruhan, dan dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mengakses dukungan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental mereka. Jangan ragu untuk mencoba salah satu dari aplikasi tersebut dan temukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Tiga Aplikasi Alternatif WordPad dan MS Office yang Gratis!

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id




Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Januari 16, 2024 10:14 AM
Logo Mogi