Bagikan :
clip icon

Kominfo Akan Blokir Game Bermuatan Kekerasan

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengumumkan rencananya untuk memblokir akses terhadap sejumlah game yang dianggap memiliki konten kekerasan yang berlebihan. 


Pada peraturan menteri komunikasi dan informasi nomor 2 tahun 2024 yang berisi tentang klasifikasi Gim. Yang menyebutkan bahwa game diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok usia penggunanya. Berdasarkan konten yang dimuat dalam game bermuatan kekerasan. 


Baca juga: 7 Game Memasak Terbaik di Nintendo Switch, Wajib di Coba!


Usman Kansong selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik mengungkapkan unsur kekerasan boleh ditampilkan pada game yang memiliki batasan usia 18 tahun ke atas, tapi ada syaratnya.


"Dengan catatan sebatas kekerasan berupa animasi dan tidak boleh ditampilkan bertubi-tubi, ada unsur amarah, disertai rasa benci atau penggunaan senjata," jelas Usman dalam keterangannya. Dikutip tekno.kompas.com, Kamis (18/4/2024).


Sampai saat ini masih banyak game yang membawa unsur kekerasan dimainkan oleh anak di bawah umur. Pada kasus ini kementrian kominfo juga memberikan salah satu judul game online tersebut yaitu "bottle royal". Sehingga langkah pemblokiran ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk melindungi anak-anak dan remaja dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh game-game tersebut.


Sejumlah game yang menjadi target pemblokiran di antaranya adalah game-game dengan konten kekerasan yang ekstrem serta berpotensi mempengaruhi perilaku anak-anak dan remaja.


Baca juga: Microsoft Resmi Menghentikan Dukungan untuk Aplikasi Android di Windows 11


Selain itu, kementrian kominfo juga menegaskan bahwa penerbit game yang melanggar klasifikasi yang tertera dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 2 Tahun 2024 akan dijatuhkan sanksi.


"Usman mengatakan, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi administratif, termasuk juga sanksi pemutusan akses. Imbuhnya, dikutip tekno.kompas.com (18/4)


Baca juga: Menkominfo Menegaskan Ancaman ke Elon Musk Terkait Promosi Judi Online di Situs X (Twitter)

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).







Baca juga: AI Ancam hingga 40% Sektor Pekerjaan Yang Akan Terdampak !

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Kamis, April 18, 2024 10:42 AM
Logo Mogi