Bagikan :
clip icon

Gemini AI: Membongkar 3 Fakta Menarik Mengenai Kecerdasan Buatan Terbaru

Morfotech Indonesia
foto : screenshot Gemini.AI.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Teknologi kecerdasan buatan (AI) terus berkembang pesat, dan salah satu inovasi terbaru yang menarik perhatian adalah Gemini AI.


Google memperkenalkan kecerdasan buatan (AI) terbarunya bernama Gemini yang dibangun chatbot Bard. AI ini di klaim mengalahkan performa ChatGPT karena lebih efisien dan pintar. Hal ini terbukti dari penggunaannya yang bisa dihadirkan pada berbagai jenis perangkat.


Baca juga: Windows 12 Dijadwalkan Rilis Pada 2024 dengan Dukungan Fitur Kecerdasan Buatan AI


Dilansir liputan6.com (13/12) "Google berencana memperluas versi lanjutan dari model bahasa (LLM). LLM memiliki multi modal yang artinya dapat memahami berbagai jenis informasi, termasuk dengan teks, audio, gambar, dan video. 


Menurut laporan Quartz, Gemini AI memiliki 3 model diantaranya yaitu:


  1. Gemini Ultra, yang terbesar dan paling mampu, untuk tugas yang sangat kompleks;
  2. Gemini Pro, untuk berbagai tugas;
  3. Gemini Nano, untuk pengguna Android yang ingin membuat aplikasi bertenaga Gemini. Misalnya, dengan Gemini Nano, orang kini dapat meringkas rekaman yang dibuat menggunakan aplikasi Recorder di ponsel Pixel 8 Pro (tetapi hanya dalam bahasa Inggris)


Baca juga: Tahun Depan, Update Windows 10 Tak Lagi Gratis!


Berikut adalah tiga fakta menarik mengenai Gemini AI yang perlu diketahui:


1. Bard mendapatkan pembaruan 


Gemini AI merupakan hasil dari Bard yang bekolaborasi dengan Gemini Pro, yang memberikan penalaran dan pemahaman lebih lanjut kepada chatbot, di antara kemampuan lainnya, menurut Google. Inovatif antara Bard dan Gemini Pro tersedia dalam bahasa inggris, dan Bard akan diintregrasikan dengan Gemini Ultra di tahun depan. 


2. Gemini berjalan di TPU Google 


Salah satu fitur unggulan dari Gemini AI adalah kemampuannya untuk beradaptasi secara dinamis dengan lingkungan yang berubah. Nantinya Gemini AI akan dilatih tentang TPU dan unit pemrosesan grafis (GPU). Dibekali dengan teknologi pembelajaran mesin canggih, Gemini AI dapat terus memperbarui dirinya sendiri dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu. 


3. Fokus pada Etika dan Keamanan


Gemini AI menempatkan etika dan keamanan sebagai prioritas utama. Dalam pengembangannya, tim di balik Gemini AI telah memastikan bahwa sistem ini tidak hanya efisien secara fungsional, tetapi juga mematuhi standar etika yang tinggi. Keamanan data juga menjadi perhatian serius, dengan penerapan langkah-langkah perlindungan data yang kuat. Hal ini menjadikan Gemini AI sebagai solusi yang tidak hanya cerdas tetapi juga aman dan dapat dipercaya.


Baca juga: Android 14 Beta Membawa Fitur Baru, Google Pixel Bisa Digunakan Sebagai Webcam


Dengan peluncuran Gemini AI, dunia kini memiliki akses ke teknologi kecerdasan buatan yang mampu memberikan solusi inovatif untuk berbagai tantangan masa kini. Diharapkan bahwa peran Gemini AI akan semakin berkembang dalam mendukung kemajuan teknologi dan memberikan dampak positif dalam berbagai sektor kehidupan.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Sepuluh Rekomendasi Tools yang Harus AI Engineer Punya

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id










Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Desember 18, 2023 11:11 AM
Logo Mogi