Bagikan :
clip icon

Fakta dibalik penemuan WIFI

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com
Jakarta, Morfotech Indonesia_Dalam era digital modern, konektivitas jaringan telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari jaringan kabel hingga konektivitas nirkabel, perkembangan jaringan telah memainkan peran penting dalam memfasilitasi pertukaran informasi antara pengguna di seluruh dunia. Salah satu penemuan paling revolusioner dalam hal konektivitas nirkabel adalah teknologi Wi-Fi. 

Jaringan nirkabel merupakan salah satu media pengiriman data jaringan yang tidak menggunakan sebuah kabel, tetapi diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media pengiriman data. sebelum membahas terlalu jauh mengenai jaringan Wi-Fi ketahui juga sejarahnya, simak artikel ini hingga akhir. 


Pada awalnya, jaringan komunikasi didasarkan pada konektivitas kabel. Telegraf dan telepon adalah dua inovasi yang mendahului era digital dan membawa manusia ke era komunikasi jarak jauh. Kabel serat optik dan kabel tembaga menjadi dasar bagi jaringan kabel modern yang digunakan untuk mentransfer data dalam bentuk analog dan digital.

Pada tahun 1960-an, jaringan komputer menjadi populer di kalangan peneliti dan akademisi. Jaringan seperti ARPANET, yang merupakan leluhur dari Internet modern, digunakan untuk menghubungkan komputer di berbagai lokasi geografis. Jaringan ini memanfaatkan koneksi kabel untuk mentransfer data antar komputer.


Sejarah awal dimulai pada tahun 1941, seorang artis populer di hollywood bernama Hedy Lamarr berhasil melakukan eksperimennya. ia mengajak George agar mau membantunya dalam membuatkan sebuah alat yang bisa membantu dalam sinkronisasi. Setelah dua tahun penemuannya, membuat Hedy Lamarr memperoleh hak patennya sebagai seseorang yang menemukan teknologi wifi. Awalnya nama dari konsep penemuan tersebut dinamai dengan Frequency Hopping. Akan tetapi, sekarang namanya sudah diubah menjadi spread spectrum.

Pada tahun 1990 Perkembangan Wi-Fi, dilanjutkan oleh Norman Abramson, ia melanjutkan proyek tersebut di University of Hawaii. Setelah itu tepat pada tahun 1971 ALOHAnet yang menghubungkan kepulauan Hawaii dengan jaringan paket nirkabel UHF. Sistem ini menjadi dasar bagi teknologi nirkabel di masa depan. Namun, koneksi nirkabel masih terbatas dalam jangkauan dan efisiensinya.

Lalu pada tahun 1991, seorang insinyur Australia bernama Dr. John O'Sullivan bersama timnya di CSIRO (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation) berhasil menemukan teknologi Wi-Fi yang menjadi terobosan besar dalam konektivitas nirkabel. Wi-Fi, atau Wireless Fidelity, memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Teknologi ini menggunakan frekuensi gelombang radio untuk mentransfer data antar perangkat.


Setelah penemuan Wi-Fi, standar Wi-Fi mulai dikembangkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Standar ini dikenal sebagai IEEE 802.11 dan memiliki beberapa variasi seperti 802.11b, 802.11g, 802.11n, dan yang paling baru adalah 802.11ac dan 802.11ax. Setiap variasi standar Wi-Fi menyediakan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan jangkauan yang lebih luas.

Saat ini Wi-Fi menjadi populer dan semakin umum digunakan di berbagai tempat seperti rumah, kantor, pusat perbelanjaan, hotel, bandara, dan kafe. Kini, hampir setiap perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, dan tablet memiliki kemampuan Wi-Fi, memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan di mana saja dengan kenyamanan tanpa kabel.

Sejarah jaringan telah melewati berbagai revolusi dari konektivitas kabel hingga konektivitas nirkabel yang revolusioner. Penemuan Wi-Fi pada tahun 1991 oleh Dr. John O'Sullivan telah mengubah cara kita terhubung dan membawa konektivitas nirkabel ke hampir setiap sudut dunia. Dengan perkembangan standar Wi-Fi yang terus berlanjut, diharapkan konektivitas nirkabel akan terus meningkat dalam hal kecepatan dan jangkauan, membuka pintu bagi inovasi dan kemajuan yang lebih besar di masa depan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Selasa, Juli 4, 2023 4:31 PM
Logo Mogi