Bagikan :
clip icon

Dirjen Aptika Kominfo Mundur Dari Tanggung Jawab PDN

Morfotech Indonesia
foto : Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 4-Juli-2024.

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dengan isu kebocaran data PDN, kini dikejutkan dengan kabar pengunduran diri Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel A. Pangerapan, dari jabatannya. Kabar ini diumumkan secara resmi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui konferensi pers yang diadakan di Jakarta pada 4 juli 2024.


Baca juga: Kebocoran Data PDN 2021-2024 Diklaim Dijual di Forum Gelap


Dilansir cnbcindonesia.com (4/7/2024)" Jadi, saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo," kata Semmy


Dia juga menjelaskan bahwa peristiwa kebocoran data di pusat Data Nasional Sementara 2 merupakan kejadian teknis yang merupakan tanggung jawabnya. 


"Kejadian ini bagaimanapun juga secara teknis adalah tanggung jawab saya. Sebagai dirjen pengampu dalam proses transformasi pemerintahan secara teknis. Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya juga menyatakan harusnya selesai di saya karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik" ujar tambahannya


Semuel, yang telah menjabat sebagai Dirjen Aptika sejak tahun 2016, menyatakan bahwa keputusannya untuk mundur didorong oleh alasan pribadi dan meskipun dia berencana untuk tetap berkecimpung di industri digital Indonesia.


"Pastinya saya akan fokus kepada transformasi digital Indonesia. Akan membangun Indonesia bukan hanya dari pemerintah, Akan dulu juga saya dari swasta. Jadi saya baliklah ke asal saya," Ujar Semmy.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: Ancaman Deepfake terhadap Proses e-KYC di Industri Perbankan

Butuh jasa pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Kamis, Juli 4, 2024 10:04 AM
Logo Mogi