Share :
clip icon

Cara Merawat Software Komputer Agar Berjalan Stabil

Morfotech
foto : www,freepik,com
Jakarta, Morfotech Indonesia, Cara Merawat Software atau Perangkat Lunak_Cara maintenance software. Apa itu sofware, Bagaimana cara kerja software? Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu bisa berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah, melalui software inilah komputer dapat menjalankan suatu perintah. Menurut pendistribusiannya software itu terbagi menjadi 4 jenis yaitu: Software berbayar, Shareware, Opensource dan Freeware. Memelihara dan merawat perangkat lunak komputer merupakan tugas yang tidak dapat diabaikan oleh setiap pengguna atau pemilik komputer. Meskipun terkesan sepele, namun beberapa pengetahuan dasar dalam merawat dan mengelola komputer belum sepenuhnya dikuasai. Padahal dengan merapikan dan merawat secara rutin perangkat komputer, dapat menjaga stabilitas bahkan meningkatkan kinerja komputer yang ada.


Fungsi Software Fungsi dari software sendiri yaitu sebagai interaksi antar pengguna dan perangkat keras. Melalui software itulah, bahasa manusia diterjemahkan dalam bahasa mesin sehingga kita dapat mengatur mesin komputer dengan mudah. Tips merawat perangkat lunak(software) • Hidupkan dan matikan komputer sesuai prosedur yang benar pada sistem operasi windows, lakukan selalu proses shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputer tidak ada masalah dengan sistem operasi • Gunakan program bantu antivirus dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. Sebaiknya kurangi transfer dengan media disket • Lakukan backup data secara berkala, hal ini berguna untuk menjaga keamanan data mengurangi penggunakan kapasitas media penyimpanan dan memudahkan pendistribusian data jika di butuhkan • Untuk keamanan data gunakan selalu UPS dan Stavol jika sewaktu-waktu aliran listrik padam, masih ada waktu untuk menyimpan hasil pekerjaan dan melakukan shutdown sesuai dengan prosedur • Lakukan penataan disk (hardisk drive) secara rutin, karena seperti telah di uraikan dimuka, proses hapus tulis media penyimpanan membuat struktur file menjadi tidak teratur, gunakan program pembantu seperti scandisk dan defrag • Sebaiknya tidak menginstal sistem operasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. semakin padat konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi,maka kinerja komputer menjadi lambat.


Jika sudah menerapkan perawatan software dapat dipastikan perangkat lunak ada akan aman dari virus dan tidak menyebabkan banyaknya sistem yang eror pada komputer. Untuk beberapa orang yang mungkin tidak ada waktu atau tidak paham dalam perangkat lunak bisa juga menyerahkan ke pihak jasa dalam penanganan software, bisa langsung ke Morfotech.ID karena terjamin dalam pelayanan pembuatan aplikasi mobile, sofware, website dan sudah dipastikan oleh tangan-tangan profesional.






Sumber:
Admin MorfotechID - Morfotech Creative Team
Thursday, February 2, 2023 4:53 PM
Logo Mogi