Bagikan :
clip icon

PENTINGNYA DIGITAL MARKETING DALAM DUNIA BISNIS

Morfotech
foto : www.freepik.com

Jakarta, Morfotech Indonesia, Social media adalah suatu platform yang banyak digunakan oleh seluruh masyarakat, tidak diragukan lagi bahwa media sosial juga dijadikan strategi pemasaran bagi para pembisnis. Contohnya kampanye pemasaran konten, atau dalam dunia web disebut digital marketing. Pernahkah Anda melihat suatu produk atau brand perusahaan yang melakukan campaingn atau kampanye online? Atau mungkin anda juga pernah melihat melalui social media atau website perusahaan? Belakangan ini semua hal tersebut tentu sudah sering berseliweran di ponsel anda. Konsep dan tujuan digital marketing adalah untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Didukung dengan kemajuan teknologi saat ini, trand di dunia bisnis semakin bervariasi, dan salah satunya yaitu digital marketing. Lalu peran digital marketing untuk pebisnis sepenting apa sih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasan dibawah ini. APA ITU DIGITAL MARKETING? Pengertian digital marketing adalah suatu kegiatan pasar atau promosi sebuah brand atau produk yang menggunakan media digital atau internet. Tujuan dari digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Dapat dilihat dari penerimaan perkembangan teknologi dan internet di masyarakat saat ini sudah sangat signifikan, sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan strategi utama bagi perusahaan. Akibatnya banyak perusaaan yang saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk dapat ditampilkan dalam pemasaran di platfom digital. Beberapa contoh teknik pemasaran yang dapat dikategorikan dalam digital marketing yaitu periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, SEO (Search Engine Optimization), promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dll.


Baca juga: MOGI POS akan mulai Launching Android Base And Web Base Apps


JENIS-JENIS DIGITAL MARKETING 1. Website Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis anda, media promosi yang hemat dan media bisnis yang praktis dan mudah. 2. Search Engine Marketing Merupakan upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencarian. Search engine marketing terbagi menjadi dua, diantaranya Search engine optimization (SEO) dan Search engine marketing (SEM). SEO biasnya dilakukan sendiri dalam waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM itu berbayar tetapi lebih cepat. 3. Social Media Marketing Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok dan lain-lain dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis untuk menyebarkan konten supaya meningkatkan brand perusahaan. 4. Online Advertising Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini juga dapat meningkatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbialang lebih mahal dibanding jenis sebelumnya. 5. Email Marketing Anda dapat memberitahukan informasi terbaru terkait promosi brand perusahaan yang berlangsung melalui email. 6. Vidio Marketing Dengan cara ini, Anda juga dapat secara langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara penggunaannya serta menampilkan testimoni sesuai dengan selera perusahaan. Setelah mengetahui jenis jenis digital marketing anda juga perlu mengetahui kelebihan dari digital marketing. Apa saja kelebihan dari digital marketing?


Baca juga: PT Morfogenesis Teknologi Indonesia Penuhi Kebutuhan Pebisnis UMKM melalui MOGI POS  


KELEBIHAN DIGITAL MARKETING Digital marketing sudah banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan besar, hal tersebut membuktikan bahwa digital marketing sangat memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan branding perusahaan dan penjualan produk. Berikut kelebihan pemasaran digital: 1. Kecepatan Penyebaran Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu juga dapat mengukur DM secara realtime dan tepat. 2. Kemudahan Evaluasi Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui, informasi seperti berapa lama produk anda ditonton, berapa banyak yang melihat, berapa konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya. Sehingga akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi dan menentukan mana iklan yang baik dan yang buruk, sehingga dapat memperbaiki iklan berikutnya. 3. Murah dan Efektif Dibanding dengan pemasaran tradisional, tentu digital marketing lebih murah dan efektif. Anggaran yang dihemat bisa mencapai 40%, selain itu survei menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan pindah ke digital marketing, karena terbukti lebih efektif. 4. Jangkauan Luas Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dan DM (Digital Marketing) yang luas, Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet. 5. Membangun Nama Brand Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk. Untuk itu perlu membangun nama brand dengan baik dan menarik hingga diminati khalayak. Bagi para perusahaan tentunya sudah tidak asing akan dunia teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Sehingga Digital marketing ini juga akan menjadi prospek pengembangan bisnis yang bagus, dan dapat meningkatkan grafik pendapatan yang diinginkan perusahaan.




Pembuatan Aplikasi Berbasis Mobile & Website hubungi: www.morfotech.id

Sumber:
Admin MorfotechID - Morfotech Creative Team
Senin, Januari 30, 2023 3:17 PM
Logo Mogi