Bagikan :
clip icon

Mengenal Sejarah, Fungsi, dan Jenis-jenis Printer

Morfotech Indonesia
foto : unsplash.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Perkembangan teknologi berkembang sangat cepat, hampir semua produk elektronik memiliki tipe dan varian yang terbaru setiap tahunnya. hal tersebut juga terjadi pada printer, yang hingga saat ini sudah banyak jenis-jenis printer yang tersedia di pasaran.


Alat bantu untuk mencetak dokumen dan juga foto atau biasa disebut dengan "printer" sudah tidak asing lagi di kalangan pekerja hingga pelajar. Umumnya printer sendiri dapat membantu pekerjaan manusia dalam mencetak sebuah dokumen. Penggunaanya pun sangat mudah, hanya dengan menyambungkan "printer" ke perangkat laptop atau komputer.


Baca juga: Pengertian Komputer, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya


Sejarah Printer


Di lansir dari kumparan.com (11/8) "Sejarah printer dimulai jauh sebelum teknologi digital yang kita kenal saat ini. Printer elektronik pertama diproduksi oleh Epson dengan nama EP-101, tetapi sebuah perusahaan Jepang merilisnya pada tahun 1968". 


Awalnya, printer komersial menggunakan mekanisme mesin tik listrik, tetapi karena meningkatnya permintaan untuk kecepatan yang lebih tinggi, printer akhirnya berubah menjadi yang lebih baik, pengembangan beli printer murah dengan sistem baru digunakan secara spesifik hanya untuk komputer.


Pada tahun 1984, dengan diperkenalkannya HP LaserJet, jual printer laser murah terbaru mulai muncul di pasaran. Tahun berikutnya, penambahan PostScript ke Apple LaserWriter merevolusi industri percetakan yang dikenal sebagai desktop publishing. Printer laser yang menggunakan PostScript dapat mencampur teks dan grafik seperti halnya dot matrix, tetapi kualitasnya jauh lebih baik.


Pada awal tahun 1988, HP Deskjet menawarkan keunggulan yang sama seperti printer laser dalam hal fleksibilitas dan biaya rendah, tetapi dengan kualitas output yang sedikit lebih rendah dari pada printer laser. Sistem inkjet ini berpotensi menggantikan dot matrix dan daisy wheel yang ada di pasaran. Sistem ini menjadi populer karena banyak jual printer berkualitas tinggi telah menggunakannya sejak tahun 2000-an. Sekitar tahun 2010,  3D printing mulai dibicarakan. Printer untuk pencetakan 3D masih dalam  pengembangan dan belum umum. 


Baca juga: Mengenal Apa itu SSD, Kelebihan dan Manfaat SSD


Fungsi Printer


Fungsi utama printer adalah mencetak data langsung dari komputer dan menyajikannya kepada pengguna. Data cetak ini bervariasi. Data pertama biasanya berupa dokumen seperti surat, arsip, dan dokumen penting lainnya. Sebagian besar jenis dokumen ini dibuat di Microsoft Office dan dapat dibuat di Word, Excel, atau Powerpoint. Namun, beberapa orang hanya menggunakan notepad sederhana. 


Jenis data selanjutnya adalah gambar atau foto. Mencetak foto dan gambar tentu berbeda dengan mencetak dokumen biasa baik dari segi ukuran maupun kualitas kertas terbaru yang digunakan untuk mencetak.


Fitur terpopuler berikutnya adalah menambahkan fungsionalitas pada printer agar tidak digunakan hanya untuk mencetak. Fitur yang dimaksud adalah kemampuan untuk membaca dokumen dan mengubahnya menjadi format digital atau istilahnya adalah scan.  Beberapa printer saat ini dapat digunakan tidak hanya sebagai scanner, tetapi juga sebagai mesin fotokopi.


Baca juga: Mengenal Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


Jenis-jenis Printer


1. Inkjet Printer

Printer inkjet menggunakan tinta cair yang disemprotkan pada kertas untuk membuat gambar atau teks. Mereka populer untuk pencetakan dokumen sehari-hari dan juga bisa digunakan untuk mencetak gambar berkualitas tinggi.


2. Laser Printer

Laser printer menggunakan teknologi cahaya dan elektrostatik untuk menghasilkan gambar atau teks. Mereka cenderung lebih cepat dan lebih cocok untuk pencetakan berat seperti dokumen bisnis.


3. Dot Matrix Printer

Printer dot matrix bekerja dengan menumbuk pita berisi karakter pada kertas melalui hantaman mekanis, menciptakan karakter berbentuk titik-titik. Meskipun sudah jarang digunakan, mereka masih digunakan dalam lingkungan tertentu.


4. Daisy wheel

Daisy wheel printer adalah jenis printer yang terbuat dari plastik atau logam disetiap ujungnya memiliki karakter untuk mencetak dokumen. Daisy wheel printer memiliki kualitas cetakan yang konsisten dan berkualitas tinggi, hampir setara dengan mesin ketik mekanis. Karakter cetakan sangat jelas dan tajam, membuatnya cocok untuk mencetak dokumen yang memerlukan kejelasan, seperti surat bisnis..


5. Thermal Printer

Printer termal menggunakan panas untuk mentransfer gambar atau teks dari pita termal ke kertas. Mereka umumnya digunakan untuk mencetak struk belanja, tiket, dan label.


Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Central Processing Unit (CPU)


Manfaat Printer

  1. Mencetak Dokumen: Fungsi utama printer adalah mencetak dokumen, seperti surat, laporan, dan presentasi.
  2. Mencetak Gambar: Printer juga dapat digunakan untuk mencetak gambar berkualitas tinggi, baik dalam warna maupun monokrom.
  3. Pencetakan Barcode dan Label: Printer digunakan untuk mencetak barcode dan label untuk keperluan bisnis dan inventaris.
  4. Mencetak Foto: Printer foto khusus memungkinkan pencetakan gambar berkualitas tinggi pada kertas foto.
  5. Prototipe 3D: Printer 3D mencetak objek tiga dimensi, berguna dalam pembuatan prototipe dan produksi terbatas.
  6. Cetak Pakaian: Beberapa printer khusus dapat mencetak desain langsung pada pakaian.


Perkembangan teknologi printer terus berlanjut, dan jenis serta fungsinya semakin bervariasi seiring waktu. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP)





Baca juga: Ketahui Pengertian Mouse, Sejarah, Fungsi dan Jenis-jenis Mouse

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Jumat, Agustus 11, 2023 2:47 PM
Logo Mogi