Bagikan :
clip icon

Elon Musk Tiba di Bali Resmikan Layanan Internet Satelit Starlink

Morfotech Indonesia
foto : by cnnindonesia.com, May 19, 2024.

Jakarta, Morfotech Indonesia_CEO SpaceX, Elon Musk, bersama Menteri Kesehatan (menkes) Budi Gunadi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono serta para pejabat daerah setempat meresmikan layanan internet satelit Starlink di Indonesia. Acara peresmian ini berlangsung di kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5/2024) sore. 


Dilansir tekno.kompas.com (22/5) "Pemilik SpaceX, Elon Musk mengenakan baju batik berwarna hijau, melakukan sejumlah prosesi seremonial, mulai dari penandatanganan kerja sama dan uji coba layanan internet Starlink dengan petugas kesehatan di Klungkung, Bali, dan Maluku"  


Baca juga: Mark Zuckerberg Rencanakan Pengembangan Platform 'Android' untuk Perangkat Virtual Reality


Starlink, layanan internet berbasis satelit yang dikembangkan oleh SpaceX, bertujuan untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke daerah-daerah terpencil di Indonesia yang sulit dijangkau oleh penyedia layanan internet tradisional. Dengan menggunakan teknologi satelit orbit rendah (LEO), Starlink mampu menawarkan kecepatan internet yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dibandingkan satelit konvensional yang beroperasi di orbit geostasioner​.


"Saya senang bisa membawa konektivitas ke daerah yang memiliki bandwidth rendah. Ibaratnya, ini (Starlink) adalah sebuah penyelamat bagi klinik di daerah terpencil," Ungkap Elon Musk, sebagaimana dikutip tekno.kompas.com 


Layanan Starlink sudah mulai dapat digunakan, dan akan dapat diakses oleh 3.400 puskesmas di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).


Budi mengatakan "Kita memang punya 10.000 Puskesmas yang sekarang kita digitalisasi agar layanan-layanan yang sebelumnya tidak bisa disampaikan di Puskesmas, sulit diakses masyarakat, jadi bisa diakses,"


Baca juga: 5 Cara Mengetahui Keaslian Aplikasi Palsu atau Tidak di Google Play Store


Peresmian Starlink ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan digital di Indonesia, membuka akses informasi yang lebih luas bagi masyarakat, serta mendukung pertumbuhan ekonomi digital di berbagai daerah terpencil di Indonesia.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).






Baca juga: 7 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk Smartphone Anda

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id


Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Rabu, Mei 22, 2024 10:47 AM
Logo Mogi