Bagikan :
clip icon

4 Cara Mudah Menggabungkan File PDF Tanpa Ribet di Android

Morfotech Indonesia
foto : Screenshoot Ruanglaptop.com

Jakarta, Morfotech Indonesia_Dalam era digital yang semakin maju, dokumen PDF telah menjadi salah satu format file yang paling umum digunakan di berbagai bidang. Terkadang, kita perlu menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dokumen yang lebih besar untuk kemudahan pengiriman, penyimpanan, atau berbagai keperluan lainnya. 


Sebelumnya perlu diketahui file PDF, merupakan format berkas yang dibuat di komputer atau laptop. Format berkas PDF pertama kali dibuat oleh Adobe Systems pada 1993 untuk keperluan pertukaran antar dokumen digital. 


Baca juga: Membuat Nomor Halaman Berbeda di Word untuk Setiap Bagian Dokumen


PDF menjadi salah satu pilihan bagi beberapa orang karena mencegah terjadinya perubahan format file dalam proses pengiriman. Berikut ini adalah empat cara mudah untuk menggabungkan file PDF dengan mudah di Android.


1. SmallPDF

Smallpdf adalah salah satu layanan online yang memudahkan pengguna untuk menggabungkan file PDF. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggabungkan file PDF dengan Smallpdf:


  1. Buka Situs smallpdf.com/id di browser HP Anda.
  2. Pilih menu "Gabungkan PDF"
  3. Unggah File PDF, Klik tombol "Pilih file" atau seret dan lepaskan file PDF yang ingin Anda gabungkan ke area yang telah disediakan.
  4. Setelah Anda selesai mengunggah dan mengatur file PDF, klik tombol "Gabungkan PDF". Smallpdf akan mulai memproses file PDF Anda.
  5. Setelah proses selesai, Anda akan diberi tautan untuk mengunduh file PDF yang sudah digabungkan. Klik tautan tersebut untuk mengunduh dokumen Anda.


2. ILovePDF

Hampir memiliki kemiripian dengan SmallPDF, Karena sma-sama dapat diakses melalui browser HP apabila Anda ingin menggabungkan file PDF. Berikut langkah-langkah menggabungkan file PDF melalui IlovePDF:


  1. Kunjungi Situs iLovePDF, Ketikkan alamat https://www.ilovepdf.com/id, lalu tekan "Enter" untuk mengakses situs iLovePDF.
  2. Pilih menu "Gabungkan PDF" 
  3. Unggah File PDF, Ketuk tombol "Pilih file PDF" atau seret dan lepaskan file PDF yang ingin Anda gabungkan dari penyimpanan perangkat Anda.
  4. Setelah Anda selesai mengunggah dan mengatur file PDF, klik tombol "Gabungkan PDF". IlovePDF akan mulai memproses file PDF Anda.
  5. Setelah proses selesai, klik tautan Unduh PDF yang digabungkan" untuk menyimpan file PDF yang telah selesai digabungkan.


3. PDFelement

Menggabungkan file PDF dengan menggunakan bantuan aplikasi PDFelement, berikut langkah-langkahnya:


  1. Download aplikasi PDFelement di Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi dan unggah file PDF yang ingin Anda gabungkan
  3. Pilih menu "Edit Mode" dan klik "Merge Documents"
  4. Tambahkan file yang ingin Anda gabungkan dengan mengklik tanda tambah (+) di pojok kanan atas
  5. Unggah file lain yang ingin Anda gabungkan (bisa lebih dari dua file)
  6. Klik "Merge" atau ikon di pojok kanan bawah
  7. Tunggu proses selesai dan klik "Save".


4. PDF Utils

Menggabungkan file PDF di HP dengan menggunakan aplikasi PDF Utils. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapat rating 4,5 di Play Store. Berikut adalah langkah-langkah menggabungkan file PDF menggunakan bantuan PDF Utils:


  1. Download aplikasi PDF Utils di Play Store
  2. Pilih menu "Merge PDF/Images"
  3. Tambahkan file PDF yang ingin Anda gabungkan atau bisa mengklik ikon tiga garis vertikal dengan tanda tambah (+) di pojok kanan atas
  4. Klik ikon centang di pojok kanan bawah dan beri nama file PDF
  5. File akan muncul di layar setelah proses penggabungan selesai dan Anda bisa membagikannya ke beberapa media lain, seperti WhatsApp hingga Gmail. dikutip cnbcindonesia.com, Senin (02/10/2023)


Baca juga: Alasan Kenapa Memiliki Satu Domain Saja Tidak Cukup


Dengan empat cara ini, Anda dapat menggabungkan file PDF dengan mudah sesuai dengan preferensi Anda. Penting untuk selalu berhati-hati terhadap informasi sensitif dan privasi saat menggunakan layanan online atau aplikasi, sehingga keamanan dokumen Anda tetap terjaga. Cobalah salah satu dari metode di atas sesuai dengan kebutuhan Anda, dan Anda akan segera menjadi ahli dalam menggabungkan file PDF tanpa ribet.


Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa juga untuk menyebarkan informasi dan wawasan dalam artikel ini ke teman-teman kalian, ya! Have a nice day (EP).





Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Konvensional dan Teknologi Modern

Butuh jasa Pembuatan aplikasi dan website hubungi: www.morfotech.id  



Sumber:
Admin Morfotechid - Morfotech creative Team
Senin, Oktober 2, 2023 10:55 AM
Logo Mogi